Tips Dan Trik Shortcut Keyboard Di Software Blender 3D Animation

- Seperti yang sudah ketahui bahwa software Blender yaitu salah satu software 3D animasi yang ketika ini sedang naik daun. Hal ini a...

A+ A-
 Hal ini alasannya Blender dirasa cukup efektif Tips dan Trik Shortcut Keyboard Di Software Blender 3D Animation

- Seperti yang sudah ketahui bahwa software Blender yaitu salah satu software 3D animasi yang ketika ini sedang naik daun. Hal ini alasannya Blender dirasa cukup efektif, murah, berkulitas dan gampang digunakan. Saya sudah mencicipi perbedaan yang sangat mencolok ketika mulai mempelajari Blender. terutama penggunaan keyboard shortcut untuk banyak keperluan. Bila kita memakai software 3d Max atau Maya maka banyak pekerjaan kita akan dibantu oleh tombol tombol dengan icon yang manis. Bebeda jauh jikalau kita membuka Blender, yang kita dapatkan yaitu sedikit tombol sajian dengan teks disana sini. Tentu saja hal ini akan menciptakan bingun penguna awam atau yang terbiasa dengan software ibarat 3ds Max dan Maya. Perintah-perintah yang terdapat dalam software Blender memang di sederhanakan dengan mengunakan keyboard shortcut, untuk itu anda harus mau untuk menghapalkan beberapa keyboard shortcut tersebut. tidak lah sulit untuk sanggup menghapalkan keyboard shortcut dari software Blender, alasannya Blender memudahkan kita dengan mengunakan inisial atau abjad awal dari nama menunya. contohnya sajian Grab di gunakan shotcut abjad G, Rotate: R, Scale: S, Box selection: B, sumbu X: X, Hide: H, Move to layer: M, Extrude : E, dan seterusnya. Tentu saja tidak semua menu/perintah memakai inisial dari nama sajian tersebut. ada juga yang kombinasi perintah CTRL, SHIFT dan ALT.

Hal lain yang juga harus dibiasakan dari software Blender ini yaitu penggunakan klik kiri dan kanan yang berbeda fungsi dengan kebanyakan software 3D lainnya. Di Blender untuk sanggup menyeleksi atau mengaktifkan objek yaitu dengan mengguankan klik kanan, sementara di software 3ds Max dan Maya yaitu dengan memakai klik kiri. Meskipun seting ini sanggup diganti melalui sajian yang ada di dalam user preferences>input>select with.

 PERINTAH DASAR

·         TAB key – Berfungsi untuk mengubah antara “edit mode” dan “object select mode”.
·         “O” key –Berfungsi untuk mengaktifkan “proportional vertex editing” pada “edit mode”.
·         “A” key – Berfungsi untuk menentukan semua vertices yang terdapat pada sebuah obyek.
·         “B” key – Berfungsi untuk menentukan banyak obyek dengan memakai windows drag.
·         Space bar – Berfungsi untuk menampilkan sajian tool.
·         Number pad – Berfungsi untuk mengontrol view. “7” untuk “top”, “1” untuk “front”, “3” untuk “side”, “0” untuk “camera”, “5” untuk “perspective”, “.” Untuk memperbesar obyek yang telah dipilih, “+” dan “-“ untuk memperbesar atau memperkecil.
·         Mouse – Klik kiri berfungsi untuk mengubah, Klik kanan berfungsi untuk memilih, Klik tengah atau scroll berfungsi untuk memperbesar dan merotasi view.
·         Shift key – Berfungsi untuk menentukan obyek lebih dari satu dengan cara menahan tombol Shift dan Klik kanan.
·         Arrow key – Berfungsi untuk pembuatan frame dalam sebuah animasi.
·         “R” key – Berfungsi untuk merotasi sebuah obyek atau vertices.
·         “S” key – Berfungsi untuk mengatur skala sebuah obyek atau vertices.
·         “G” key – Berfungsi untuk memindahkan sebuah obyek atau vertices.
·         “P” key – Berfungsi untuk memisahkan vertices yang dipilih menjadi sebuah obyek didalam “edit mode”.
·         Shift + “D” – Berfungsi untuk menduplikat sebuah obyek atau vertices.
·         “E” key – Berfungsi untuk meng-extrude vertices yang telah dipilih didalam “edit mode”.
·         “U” key – Didalam “object mode” berfungsi untuk menampilkan SingleUser menu, sedangkan didalam “edit mode” berfungsi sebagai “undo”.
·         “M” key – Berfungsi untuk memindahkan obyek ke layer lain. Didalam “edit mode” berfungsi sebagai “Mirror”.
·         “Z” key – Berfungsi untuk merubah view dari wireframe menjadi solid.
·         Alt + “Z” – Berfungsi untuk merubah view tekstur atau tembus pandang.
·         “P” key – Berfungsi untuk memulai mode game.
·         ALT / CTRL + “P” – Berfungsi untuk menciptakan atau menghapus relasi Parent/Child.
·         “N” key – Berfungsi untuk menampilkan gosip sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·         Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·         “F” key – Berfungsi untuk menciptakan sebuah sisi pada “edit mode”.
·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·         “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·         ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·         ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·         Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.
·         Ctrl + “0” – Berfungsi untuk menentukan sebuah camera.

 MENU FILE

·         Append = Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari file Blender yang satu ke file Blender yang lainnya, perlu memakai append command.
·         Save = menyimpan hasil kerja
·         Save As = menyimpan hasil kerja dengan nama lain
·         Export/Import = kemampuan Blender untuk mendapatkan beberapa jenis 3D file dari aktivitas lain. Blender sanggup menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari aktivitas lain ataupun juga sebaliknya

 MENU ADD

Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, ibarat kamera, lighting dan objek 3D.
Render berfungsi untuk melihat hasil Rendering dan settingnya.

Help dipakai untuk melihat bagaimana Blender bekerja dan aneka macam tanggapan untuk pertanyaan dari user.

2. View Port


Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port mempunyai axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam aneka macam macam sudut dan sanggup mengatur letak dan kamera serta sebagainya.

3. Tool Button


Berikut beberapa tools button yang biasa dipakai pada Blender :

Translate Manipulator Mode
Berfungsi untuk mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, jikalau memakai keboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+G.

Rotate Manipulator Mode

Berfungsi untuk memutar objek. Disimbolkan berupa lingkaran hijau, jikalau memakai keyboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+R.

Scale Manipulator Mode

Berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, jikalau memakai keyboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+S.

Transform Orientation

Berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.

Rotating/ Scaling pivot

Berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan titik sentra suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot yaitu titik sentra dari suatu objek, secara default pada Blender kita memakai Median Point.

Modeling

Berfungsi untuk menciptakan model 3D awal.

UV Mapping

Berfungsi untuk memindahkan objek menurut vertex.

Texturing

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan Blender.

Rigging

Berfungsi untuk pembuatan tulang atau bones pada objek.

Skinning

Berfungsi untuk pembuatan kulit pada objek atau model.

Animasi

Berfungsi untuk pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.

Particle

Berfungsi untuk pembuatan particle pada objek atau model.

Basic Blender Shortcut:

• Memilih obyek: klik kanan

• Multiple obyek: shift + klik kanan

• Select/Deselect All: A

Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf

• Menghapus obyek (vertex, edge, face): x

• Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel

• Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C
; Gunakan sajian ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center

Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar

Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, kemudian LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak

Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi

Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.

Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale

Add: Shift + A

Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q

Sekian Penjelasan dari aku ihwal shortcut keyboard yang ada di software Blender 3D Animation ini.
Terima kasih jangan lupa untuk meninggalkan jejak di komentar,

Related

Design 2970441386118776015

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item