Tutorial Model Layout Pada Desain Majalah

Salah satu model layout yang kita bahas di sini ialah layout majalah. Pertimbangannya, layout majalah bisa mewakili layout model-model yang ...

A+ A-
Salah satu model layout yang kita bahas di sini ialah layout majalah. Pertimbangannya, layout majalah bisa mewakili layout model-model yang lain dalam menerapkan prinsip-prinsip desain grafis. Beberapa model layout yang ditujukan kepada segmen pembaca yang berbeda.
Elemen dasar dalam suatu layout yang dihentikan ditinggalkan adalah:
1. Headline alias judul utama dalam suatu publikasi. Bukan hanya judul tetapi mungkin berisi pesan utama yang ditonjolkan.
2. Teks isi atau bodytext. Dalam publikasi berbentuk majalah bodytext ialah penggalan teks yang paling banyak dan mempunyai format yang seragam. Akan tetapi, pada layout Wan, mungkin teks yang berisi info utama ini mempunyai lebih dari satu format, kadang mempunyai beberapa tingkat hierarki tergantung detil informasi yang ingin disampaikan.
3. Elemen gambar atau foto.
4. Ruang kosong dalam bidang publikasi. Sebuah publikasi yang tidak memperhatikan tersedianya ruang kosong akan sulit meletakkan fokus.

Berikut Desain Layout yang ada pada sebuah Majalah:

Desain Convensional
Model yang sangat sederhana. Mementingkan informasi dalam bentuk bodytext. Biasanya meletakkan judul di pojok kiri atas sebagai penggalan yang pertama kali akan dibaca sesuai alur membaca secara tradisional. Desain layout semacam ini sempurna dipergunakan bagi publikasi yang pembacanya memang berminat pada informasi yang ingin disampaikan. Tidak ada unsur yang ingin membujuk biar responden bersedia membaca publikasi ini, alasannya publikasi ini diharapkan oleh pembacanya.


Desain Klasik
Ini ialah desain standar di dalam pemformatan layout publikasi. Designer dan bahkan kalangan tertentu menganggap menyerupai inilah layaknya sebuah publikasi ditata. Ini tidak lepas darn peranan buku-buku manual yang menjadi sumber mengajar pada guru menggambar (seni rupa) di sekolah-sekolah maupun forum pendidikan tertentu. Desain ini sederhana dan menarik. Layout ini merupakan peninggalan zaman mesin cetak timah yang masih tetap digunakan hingga kini. Penulisan judul rata tengah dan di penggalan atas halaman dan bodytext disusun dalam dua kolom yang sama besarnya. Keterangan gambar ditulis dengan style yang berbeda di bawah gambarnya.


Desain Modern
Desain ini muncul di abad modem (tahun 70-an ke atas) dan masih lebih banyak didominasi hingga sekarang. Ciri desain ini sudah berani meninggalkan batasan-batasan usang menyerupai kolom tunggal yang cukup panjang. Untuk mengimbangi panjangnya kolom, leading (jarak antarbaris) dibentuk longgar. Usaha untuk menarik perhatian pembaca ialah dengan menonjolkan unsur visual, menyerupai menampilkan gambar lebih banyak. Termasuk juga alat bantu tipografi, menyerupai unsur garis tebal yang berkhasiat untuk menunjukkan stressing pada bidang publikasi.

Pemakaian ruang kosong telah mulai memperoleh porsi yang cukup. Sebagai pertimbangan, publikasi jenis ini diterbitkan dengan biaya yang lebih tinggi dibanding dua desain yang dijelaskan terdahulu. Indikasinya, pemakaian jumlah halaman yang lebih banyak untuk jumlah teks yang sama. Proses produksi untuk menghasilkan publikasi bergambar (dengan unsur raster) yang lebih banyak, diharapkan mesin cetak dengan kualitas yang lebih baik.


Desain Technical
Model desain ini cocok untuk orang yang berselera mudah dan untuk memuat hal-hal yang bersifat teknis. Kolomnya rata-rata sempit dan tidak memuat teks yang terlalu panjang. Ruang kosong yang tersedia sangat banyak, berkhasiat untuk mengarahkan fokus pada isinya. Gambar terpasang secara simetri pada bagian-bagian halaman yang menunjukkan kesan balance. Pembaca yang menyukai layout menyerupai ini, biasanya tidak membaca publikasi secara urut. la cenderung mencari-cari topik yang disukai, baik dengan membuka-buka halaman demi halaman maupun dengan melihat daftar isi. Oleh karenanya, penomoran halaman yang terang dan cenderung menonjol diperlukan. Sekalipun pada referensi ini, dari dua halaman cukup diharapkan satu nomor halaman genap. Sebab sesudah menangkap nomor halaman ini, 72, tanpa melihat nomor berapa di sebelahnya, niscaya yang sebelah kanan ialah halaman 73. Itulah sifat orang-orang teknik yang selalu mengedepankan logika.



Desain Agresif

Desain jenis ini bersifat menyerang. Siapa orangnya yang tidak ingin meraih dan melihat (sebelum kemudian membaca) isinya. Namun ingat, tidak semua orang suka diserang. Setelah is merasa terjangkit dan memuaskan matanya melihat, is akan segera berpikir, oo ... ini. Selanjutnya terserah Anda apakah ia akan membaca isinya atau tidak. Yang terang ada segmen pembaca tertentu yang sangat tertarik terhadap jenis tampilan publikasi dengan layout menyerupai ini. Atau jenis artikel tertentu untuk kalangan tertentu yang perlu ditampilkan dengan cara ini. Layout berangasan tidak dimuat terus menerus sepanjang isi publikasi. la hanya diharapkan maksimum 20% dari seluruh halaman.
Keagresifan dari desain ini dibentuk dengan menampilkan gambar yang besar dan bahkan sebagai latar belakang artikel jikalau perlu. Gambar yang besar sekaligus untuk menggantikan tugas white space secara berkebalikan. Jika gambar tampil kuat, penggalan teks harus cukup kontras untuk dibaca, baik dengan menunjukkan background maupun memakai jenis karakter yang sangat legibly (dapat dibaca) dalam warna yang jelas. Mesin cetak high quality diharapkan untuk memproduksi publikasi ini.



Desain Juvenile

Juvenile Book artinya buku untuk anak-anak. Jadi, desain ini meman ditujukan untuk segmen pembaca anak-anak. Desain ini berangkat konsep klasik hanya untuk menampilkan daya serang biar menarik untuk dibaca, maka diharapkan beberapa penggalan memakai teks berukur besar, gambar berukuran cukup
besar, dan gambar lain yang lebih kecil dalam jumlah yang agak banyak. Bidang kosong yang lebih banyak dibanding desain klasik. Bahkan jikalau perlu background dibentuk berwarna Konsep klasik yang mendasari layout ini ditujukan untuk mendidik pembaca yaitu anak, mengenal estetika layout secara formal dengan urutan serta bagian-bagian yang tidak terlalu didestorsikan. Bentuk karakter teks headlines biasanya juga masih mengacu pada pilihan standar Serif dan San serif yang lebih modern. Ukuran body teks satu nomor lebih besar dari desain klasik, dengan tujuan biar pembaca muda kita tidak terlalu jenuh dengan teks yang banyak dalam suatu halaman. Ingat, pembaca pada segmen ini sering kali belum cukup mempunyai motivasi untuk membaca berlama-lama. Oleh karenanya, harus ada perjuangan untuk mempertahankan ketertarikannya.


Desain Young & Fun
Untuk segmen yang lebih bau tanah dari pembaca Juvenile, diharapkan tampilan yang tidak lagi childish (kekanak-kanakan). Huruf yang digunakan dengan pilihan Sans serif dalam ukuran yang lebih kecil. Pada usia ini, pembaca kita sudah haus akan informasi sehingga is melahap penuturan informasi yang lebih detil. la suka membaca teks yang disajikan sekalipun pada halaman-halaman tertentu masih diharapkan banyak eyecatching biar tidak bosan. Tatanan elemen gambar sudah lebih ekspresionis kadang distortif (merusak bentuk orisinil untuk memperoleh dampak lain), alasannya pembaca seusia ini merasa tidak puas dengan yang biasa. Ia selalu ingin menemukan pengalaman gres dari apa yang dilihat dan dibacanya. Jika perlu, elemen gambar yang dijungkirbalikkan, yang untuk orang cukup umur merasa pusing memandangnya tetapi sesekali mereka akan enjoy untuk memandang suatu objek secara terbalik.


Desain Young & Feminim
Sebagaimana namanya, desain ini ditujukan kepada segmen pembaca perempuan muda. Gabungan antara Young and Fun serta Agresif, namun pada banyak elemen dipergunakan bentuk-bentuk yang lebih lunak. Seperti bentuk segi empat yang ujungnya dibentuk lengkung, merupakan cara untuk melunakkan bentuk. Huruf Sans serif masih merupakan pilihan tepat, tetapi bukan yang berbentuk kaku, melainkan sebangsa Optima, Tahoma, Neu Helvetica bukan Eras maupun Clearface atau Avant Garde Gothic. Pemilihan ilustrasi maupun tampilan foto dengan mengindahkan hal-hal yang disukai wanita. Seperti pewarnaan, kontras yang tidak terlalu tajam. Selera want muda yang unik perlu ditangkap oleh designer. Di sisi dalam, untuk dirinya sendiri, perempuan banyak menyukai elemen yang lembut, fun, dan ceria. Di sisi luar, perempuan muda mengagumi sesuatu yang perkasa, tidak cengeng, akan tetapi itu tidak untuk dirinya.



Related

Desain Grafis 2914853489725601391

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item