Trik Dan Tips Cara Pasang Saklar Ganda (Double Switch), Triple Dan Multi Switch

A+ A-
Saklar double atau saklar ganda dalam bahasa inggris disebut dengan "double switch", sedangkan kalau 3 saklar disebut "triple switch" dan 4 saklar disebut "multi switch", fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya yakni sebagai pengontrol lampu (mematikan dan menyalakan lampu). Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan wacana cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch.

Sebagai pendahuluan saya beritahukan bahwa sistem kerja sebuah saklar (switch) yakni sebagai alat pemutus dan penghubung arus listrik. jadi sanggup pihami bahwa di dalam box switch (kotak saklar) tidak ada kebel netral, melainkan hanya kabel phese (arus listrik positif), nah maka kebel phase inilah yang di hubungkan/diputuskan oleh switch. biar gampang di pahami sebelum kita hingga ketahap cara memasang double dwitch, triple switch dan multi switch, saya telah menyiapkan sebuah gambar "bentuk dasar saklar" atau (traditional switch). Simak gambar berikut ini.
 fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya yakni sebagai pengontrol lampu  Trik dan Tips Cara Pasang Saklar Ganda (Double Switch), Triple dan Multi Switch
Bentuk dasar saklar (traditional switch), kiri tanda saklar tidak terhubung, kanan tanda saklar terhubung.
Keterangan:
  1. Kabel warna hitam yang di tandai dengan abjad "N" yakni penghantar arus listrik negatif (neutral)
  2. Kabel warna merah yang di tandai dengan abjad "L" yakni penghantar arus listrik kasatmata (phase), L berarti line atau jalur arus listrik.
  3. Dari gambar di atas sanggup di pahami bahwa saklar hanya berfungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik saja, sederhana bukan...!

Cara Memasang Saklar Ganda (Double Switch)

 fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya yakni sebagai pengontrol lampu  Trik dan Tips Cara Pasang Saklar Ganda (Double Switch), Triple dan Multi Switch
Diagram gambar cara memasang saklar ganda (Double Switch)
Keterangan:
  1. Kable netral (hitam) di hubungkan eksklusif dari sumber ke fitting lampu.
  2. Kabel phase (merah) dari sumber "L" dihubungkan ke saklar 1 lalu di jumper ke saklar 2
  3. Pada gambar pemasangan saklar ganda diatas, terdapat cable jumper, kabel jumper tersebut berfungsi sebagai penghantar arus listrik kasatmata (phase) dari saklar 1 ke saklar 2.

Cara Memasang Saklar 3 gang (Triple Switch)

Triple Switch dalam bahasa lainnya yakni saklar 3 gang atau saklar 3 seri, mungkin di tempat kalian nama nya sanggup saja berbeda, untuk menyatukan perbedaan bahasa elektrikal tersebut kita gunakan bahasa inggris saja yaitu "triple switch". cara memasang saklar 3 seri (triple switch) sama dengan cara memasang saklar ganda (doube switch) yang membedakan nya yakni pada pemasangan triple switch phase di jumper hingga dua kali, perhatikan gambar berikut ini.
 fungsi saklar atau switch itu sendiri umumnya yakni sebagai pengontrol lampu  Trik dan Tips Cara Pasang Saklar Ganda (Double Switch), Triple dan Multi Switch
Diagram gambar (skema rangkaian) saklar 3 gang atau triple switch
Catatan: Penting untuk melihat keterangan gambar pemasangan saklar 3 gang diatas, biar tidak terjadi kesalah pahaman dalam membaca diagram tersebut.
Baca Juga: Tips Cara Memilih Ukuran MCCB atau NFB (No Fuse Breaker) Pemutus Rangkaian Listrik Tanpa Sekring

Cara Memasang Saklar 4 gang (Multi Switch)

Untuk cara memasang saklar 4 gang ini kau harus menyebabkan ini sebagai PR di rumah, saya telah menyediakan gambar, namun  anda harus melengkapi gambar tersebut sebagai latihan anda. silahkan di download gambar rangkaian sakar 4 gang ini dan coba di coret-coret dengan tinta merah, cobalah untuk merangkai-nya, kalau kau lakukan dengan benar maka, switch hingga 10 gang pun insya allah sudah sanggup kau pasang.
Skema rangkaian saklar 4 gang (Lengkapi gambar ini sebagai latihan memasang saklar 4 gang atau multi switch)
Cobalah untuk menjumper phase (kabel merah) dari saklar satu ke saklar 2 hingga ke saklar 4, lalu hubungkan ke masing masing lampu.

Demikian klarifikasi cara memasang saklar double switch, triple switch, dan multi switch ini, bagikan artikel ini ke kerabat anda kalau berdasarkan anda ini bermanfaat, next tunggu artikel tehnik-tehknik listrik lainnya dari situs blog tukang listrik batam dan semoga berhasil.

Related

Listrik 1 Phase 5731964567500616009

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item