Tips Menciptakan Kalkulator Dengan Java Netbeans

Hey gays,, kebetulan banget nich hari ini penulis lagi free, untuk mengisi hari penulis yang free ini, nggak ada salahnya penulis mena...

A+ A-

Hey gays,, kebetulan banget nich hari ini penulis lagi free, untuk mengisi hari penulis yang free ini, nggak ada salahnya penulis menawarkan tutorial yang sedikit berbeda dari sebelumnya.
Nah, pada postingan kali ini penulis ingin sharing ilmu wacana bagaimana menciptakan kalkulator sederhana memakai java, untuk menciptakan aplikasi ini kita membutuhkan 2 macam software saja yaitu: JDK (Java Development Kit) dan NetBeans.
JDK (Java Development Kit) berfungsi untuk mendukung IDE yang kita gunakan yaitu NetBeans, sedangkan NetBeans sendiri berfungsi untuk menciptakan aplikasi java yang akan kita buat. Nah, sebelum kita mulai menciptakan aplikasi java, ada baiknya teman2 download dulu dech kedua software yang penulis sebutkan diatas.! sebab tidak baik pergi ke sawah tanpa cangkul hehe..,setelah mendownload kedua software tersebut silahkan diinstall ke komputer / laptop teman2. Ingat.! Install JDK nya terlebih dahulu gres sesudah itu NetBeans nya.!
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- In Articles Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block"
     data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
     data-ad-slot="8852105979"
     data-ad-format="auto"
     data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <!-- iklan navigasi --> <ins class="adsbygoogle"      style="display:inline-block;width:300px;height:250px"      data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"      data-ad-slot="4760239182"></ins> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); </script>
Nah, kini penulis anggap saja teman2 telah berhasil menginstall kedua software tersebut. Ok, disini penulis memakai JDK Versi 7 dan NetBeans IDE Versi 7.3.
Perlu diketahui bahwa bahasa pemrograman java yakni salah satu bahasa pemrograman berorientasi object (OOP) bersifat case sensitive, artinya abjad besar dan abjad kecil dibedakan dan penulisan coding. Apa itu OOP..? untuk sementara waktu jangan dipikirkan dulu apa itu OOP ok.! Karena nantinya teman2 akan mengerti dengan sendirinya wacana konsep  dari OOP tersebut dengan catatan banyak2 latihan menciptakan kegiatan aplikasi.
Ok kini kita mulai saja dan jangan lupa berdo’a berdasarkan kepercayaan masing2.!
Nah, kini silahkan buka NetBeans IDE teman2 menyerupai gambar berikut: 

Setelah NetBeans teman2 terbuka, langkah selanjutnya yakni menciptakan project baru. Untuk menciptakan project gres bisa dilakukan dengan mengklik sajian file dan pilih New Project menyerupai gambar berikut:


Setelah itu akan tampil jendela New Project menyerupai gambar berikut ini:

Karena kita mau menciptakan aplikasi java, maka klik java dan pilih Java Application menyerupai gambar diatas, kemudian klik next.
Maka akan tampil jendela berikutnya menyerupai gambar berikut ini:

Nah, pada gambar diatas, silahkan ketikan nama project yang ingin dibuat, disini penulis menciptakan nama projectny yakni PrjKalkulator menyerupai gambar diatas, sesudah itu klik tombol Browse untuk memilih lokasi penyimpanan project yang akan dibuat, sehingga ketika aplikasi sudah selesai dibuat, teman2 tidak kebingungan mencari letak hasilnya.
Disini penulis menyimpannya di direktiri F:\Data For Blog\java menyerupai gambar berikut ini:

Setelah menciptakan nama project dan memilih kawasan penyimpanan project, silahkan klik tombol finish menyerupai gambar diatas. Nah, hingga disini tahap pembuatan project sudah selesai, langkah berikutnya yakni menciptakan form. Bagaimana cara membuatnya..?
Silahkan ikuti Step by Step berikut ini:
1 ) klik kanan pada projectnya => New => Jframe Form menyerupai gambar berikut:

 2 ) sesudah itu maka akan tampil jendela menyerupai berikut ini: 

3 ) ketikan nama kelasnya dan klik finish.
Disini penulis menciptakan nama kelasnya yakni kalkulator sesuai dengan topic pembahasan kita kali ini.
Setelah itu, maka akan tampil jendela menyerupai gambar dibawah ini:

Nah, yang terletak ditengah2 yakni form yang telah kita buat, sedangkan disebelah kanan ada Pallete yang berisi komponen2 yang akan kita gunkan untuk mendesain form, dan ada juga Properties yang mempunyai kegunaan untuk mengatur setiap komponen yang kita gunakan untuk mendesain form. 
4 ) Mendesain form.
Sebelum mendesain form ada baiknya kita set dulu layoutnya untuk memudahkan kita dalam mendesain form. Disini penulis memakai layoutnya yakni Absolute Layout. Nah, untuk menset layout caranya klik kanan pada formnya pilih Set Layout kemudian klik Absolute Layout, menyerupai gambar berikut:

Setelah men-set layout barulah kita lanjut ketahap desain form, nah, kini tambahkan komponen yang berjulukan label, dengan cara klik label yang ada di Pallete dan letakkan di form, menyerupai gambar berikut ini:

Setelah berhasil meletakkan komponen label di desain form, kini atur properties label nya, yang perlu diatur disini yakni textnya. Caranya cari Text di jendela properties dan ganti Jlabel1 menjadi Value Pertama. Setelah itu, tambahkan 2 komponen label lagi dan ganti textnya menjadi Value Kedua dan Hasil.
Nah, langkah selanjutnya yakni menambahkan komponen Text Field, caranya sama menyerupai menambahkan komponen label sebelumnya, dimana Text Field ini terletak di jendela Pallate menyerupai gambar berikut:

Klik Text Field yang ada di jendela Pallate dan klik-drag pada desain form menyerupai gambar berikut ini: 

Atur properties textnya menjadi kosong. Tambahkan 2 komponen Text Field lagi dengan cara yang sama dan atur properties text nya menjadi kosong.
Nah, kini yang harus teman2 lakukan yakni mengganti Variable Name nya, tujuannya supaya kita gampang dalam pengetikan coding nantinya.
Bagaimana caranya.?
Caranya sangat mudah, klik kanan pada Text Field yang ingin diganti Variable Name nya, kemudian pilih Change Variable Name menyerupai gambar berikut:  

Setelah mengklik change variable name maka kita akan diarahkan ke jendela Rename menyerupai gambar berikut:

Silahkan ganti JtextField1 menjadi angka1 menyerupai gambar diatas dan klik Ok. Ingat..! sumbangan variable name dihentikan memakai spasi.
Nah, kini ganti juga variable name untuk JtextField2 menjadi angka2 dan JtextField3 menjadi hasil.
Langkah selanjutnya yakni menanbahkan komponen Button (Tombol). Button ini juga terletak di jendela Pallete menyerupai gambar berikut:

Nah, Button inilah yang akan kita gunakan untuk mengeksekusi semua perintah nantinya.
Sekarang tambahkan komponen Button ke desain Form teman2 dan ganti properties text nya menjadi tambah menyerupai gambar berikut:  

Selanjutnya ganti variable name nya menjadi BtnTambah menyerupai gambar berikut:

Nah, kini tambahkan 3 komponen Button lagi yaitu untuk tombol Kurang, Kali,dan Bagi serta ganti Variable name nya menjadi BtnKruang, BtnKali, dan BtnBagi.
Setelah itu maka akan terlihat desain Form tamat kita menyerupai gambar berikut:

Setelah desain form selesai, kini saatnya untuk pengetikan coding kegiatan supaya aplikasi yang kita buat bisa dieksekusi.
Pertama – tama coding untuk tombol Tambah, untuk menambahkan coding pada tombol Tambah caranya klik 2x pada tombol Tambah maka akan tampil jendela codingnya dan ketikan coding menyerupai gambar berikut ini: 

Keterangan coding :
Karena kita memakai komponen Text Field untuk mendapatkan input data, dimana komponen Text Field sendiri hanya bisa menampung input data yang bertype String (Huruf), sementara kita ingin menginputkan data berType angka. Maka yang harus kita lakukan yakni mendeklarasikan variable.
Nah, pada coding diatas sudah terlihat beberapa variable yang kita deklarasi yaitu variable ang1,ang2,hsl dimana variable tersebut bertype data double. Type data double yakni salah satu type data yang menampung angka. Nah, bila sudah selesai mengetikan coding diatas silahkan Running programnya dengan cara klik sajian Run pada menubar dan pilih Run File menyerupai gambar berikut:

Setelah mengklik Run File maka akan tampil aplikasi yang kita buat menyerupai berikut: 

Nah, kini silahkan masukan angka pada value pertama dan value kedua kemudian klik tombol Tambah, maka akan terlihat kesannya menyerupai gambar berikut: 

Simple bukan..?
Sekarang waktunya kita menciptakan coding untuk tombol kurang, untuk menciptakan coding pada tombol kurang silahkan tutup dulu aplikasi yang sedang Running dan kembali lagi ke desain Form menyerupai sebelumnya.
Sebenarnya coding tombol Tambah dan tombol Kurang tidak jauh berbeda, hanya yang membedakan hanyalah operatornya saja.
Setelah kembali ke desain form, klik 2x pada tombol Kurang maka akan tampil jendela coding untuk tombol kurang dan copy coding yang ada pada tombol Tambah, kemudian paste kan pada tombol kurang dan ganti operator (+) menjadi (-) menyerupai gambar berikut:

 
Nah, pada coding tombol kurang kita tidak perlu lagi mendeklarasikan variable sebab sudah kita deklarasikan sebelumnya.
Sekarang silahkan Running aplikasinya dengan cara yang sama menyerupai sebelumnya dan isikan angka pada value pertama dan value kedua kemudian klik tombol Kurang, maka akan terlihat kesannya menyerupai gambar berikut:  

 
Nah, untuk coding tombol kali dan bagi sama menyerupai coding tombol Kurang dan tombol Tambah, teman2 tinggal copy-paste aja dan ganti operatornya. Untuk tombol Kali operatornya yakni bintang (*) dan tombol bagi yakni slash (/).
Mudah kan..?
Ok guys, sekian dulu tutorial kali ini, penulis berharap supaya tutorial yang singkat ini bermanfaat, dan teman2 semua bisa mengembangkannya.!
Wassalam.... 

Related

lainnya 4411592054145934474

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item