Tips Pehitungan Sederhana Memakai Vb 6.0

Tutorial kali ini yaitu tutorial Part 2 jadi disini aku tidak lagi mengenalkan komponen-komponen yang digunakan, alasannya yaitu itu sudah a...

A+ A-
Tutorial kali ini yaitu tutorial Part 2 jadi disini aku tidak lagi mengenalkan komponen-komponen yang digunakan, alasannya yaitu itu sudah aku jelaskan di tuturial Part 1.

Baik pribadi saja pertama-tama :

1. desain formnya menyerupai gambar berikut :
2. atur pada jendela propertiesnya menyerupai tabel dibawah ini :
Pastikan settingannya benar.!


Kita akan menciptakan jadwal / aplikasi perhitungan matematika sederhana. Cara kerja aplikasi kita ini yaitu dengan memasukan angka pada text1 dan juga text2, kemudian kita klik tombol tambah maka hasil penjumlahannya akan ditampilkan di text3.


Baiklah untuk menambahkan koding (perintah) nya. 
3. klik 2x pada tombol tambah, maka akan tampil jendela menyerupai berikut :
4. ketikan koding menyerupai ini di tengah - tengahnya.  " text3 . text = val (text1.text) + val (text2.text) " tanpa tanda kutip.
seperti gambar dibawah ini :

Loh..,kok pake Val..??
Pertanyaan yang bagus.,itu alasannya yaitu visual basic sendiri menganggap apa yang kita inputkan (masukan) kedalam text1 dan text2 sebagai karakter. Bisa saja kita tidak memakai val (value), tapi hasil penjumlahannya akan menjadi salah.
Contoh: saat aplikasi kita jalankan dan kita memasukan angka 5 pada text1 dan angka 4 pada text2, maka saat kita klik tombol tambah yang akan tampil di text3 (hasil) yaitu 54 bukan 9.
Seperti gambar berikut :
Dan sebaliknya, saat kita tambahkan val pada kodingnya menyerupai yang aku tuliskan sebelumnya, maka kesannya akan menjadi benar menyerupai pada gambar berikut :
sekian postingan kali ini agar bermanfaat, kalau ada yang ragu boleh bertanya dengan cara tinggalkan komentar di dibawah ini.
terima kasih telah berkunjung.







Related

lainnya 1199504892178362188

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item