Trik Dan Tips 3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah

A+ A-
Instalasi Listrik - Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa tipe atau (jenis) rangkaian instalasi listrik yang kondusif untuk rumah. kali ini aku akan membahas perihal jenis-jenis rangkaian instalasi listrik lantaran aku anggap ini perlu untuk di ketahui konsument ketika mereka ingin memasang instalasi listrik pada rumah mereka, selain itu artikel ini juga akan bermanfaat untuk para elektrikal supaya gampang menjelaskan jenis rangkaian instalasi listrik yang kondusif untuk rumah konsument.

Pada ketika bernegosiasi mengenai RAB (Rencana anggaran biaya) instalasi listrik kepada konsument sering kali kita di banding-bandingkan dengan elektrikal lain. Wajar saja itu hal yang biasa, namun kalau kita bisa memberi klarifikasi perihal jenis rangkaian instalasi listrik yang kita tawarkan kemungkinan pihak konsument tidak akan menyampaikan "mahal" pada harga biaya pemasangan instalasi listrik yang kita minta. Ketika para elektrikal (instalatir) ingin menunjukkan kualitas instalasi listrik yang baik tentu di butuhkan biaya yang baik juga. Baiklah pribadi saja kita ke "3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah", Namun sebelumnya lihat keterangan gambar diagram rangkaian instalasi listrik di bawah ini supaya gampang di mengerti.
 Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa  Trik dan Tips 3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Keterangan Diagram 3 Jenis (Type) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah

Jenis-jenis Rangkaian Instalasi Listrik Yang Aman Untuk Rumah

Instalasi listrik single line (1 MCB)

Instalasi listrik single line banyak terdapat pada rumah rumah usang dan tidak memerlukan pemakaian listrik yang cukup besar, kisaran pemakaian listrik hanya 4 ampere hingga 6 ampere saja. Contoh instalasi listrik single line menyerupai gambar di bawah ini, di mana semua beban pemakaian listrik hanya di bebankan kepada satu line saja.
 Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa  Trik dan Tips 3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Gambar instalasi listrik rumah 1 line

Instalasi listrik duo line (2 MCB)

Instalasi listrik menyerupai ini akan sedikit lebih mahal dan juga lebih kondusif serta lebih tahan usang dari instalasi listrik single line. lantaran instalasi listrik menyerupai ini memerlukan komponen rangkaian instalasi listrik yang lebih juga, beban pemakaian listrik di bagi menjadi 50% - 50% (fifty-fifty) dengan memakai dua pengaman instalasi listrik yaitu MCB (Miniature Circuit Breaker). Contoh instalasi listrik dua line ialah menyerupai gambar di bawah ini.
Baca Juga: Tips Cara Memilih Ukuran MCCB atau NFB (No Fuse Breaker) Pemutus Rangkaian Listrik Tanpa Sekring
 Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa  Trik dan Tips 3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Gambar instalasi listrik rumah 2 line

Instalasi Listrik Mutli Line (Multi MCB)

Instalasi listrik mutli line ini ialah jenis rangkaian instalasi listrik yang sangat kondusif dan sangat propesional. sebagai instalatir listrik biasa nya jenis instalasi listrik yang menyerupai ini yang akan aku tawarkan kepada konsument. lantaran jenis (type) rangkaian instalasi listrik multi line ini jauh lebih kondusif dari kedua rangkaian instalasi listrik di atas. selain itu jenis instalasi listrik multi line ini akan memanjakan konsument (pemilik rumah) ketika suatu ketika terjadi konsleting listrik tidak semua listrik pedam (mati), melainkan hanya pada serpihan yang korslet saja, sehingga terhindar dari kebakaran yang di sebabkan oleh korsleting listrik. MCB akan memblokir pasokan arus listrik yang mengarah ke daerah terjadinya korsleting listrik dan membiarkan yang lain menyala dengan baik.

Baca juga:
Panduan Instalasi Listrik Rumah Dari A Sampai Z
Mengenal Input dan Output Unit MCB

Biasa nya aku membagi line menurut banyak nya ruangan dan AC (Air conditioner) yang di gunakan. Setiap AC akan di beri satu line tunggal. Dan setiap ruangan di beri satu line untuk pemasangan stop kontak dan lampu ruangan. Memang jenis rangkaian instalasi listrik menyerupai ini akan memerlukan biaya extra dan material yang cukup banyak, namun semua itu akan terbayarkan kerena rangkaian instalasi listrik ini sangat kondusif dan lebih tahan lama. Beban pemakaian listrik di bagi ke banyak line sehingga kabel instalasi tidak cepat panas dan tidak cepat rusak kerena beban setiap line sangat ringan. Contoh instalasi listrik multi line (multi mcb) ialah menyerupai gambar di bawah ini.
 Dalam tehknik listrik cara pemasangan jaringan kabel instalasi listrik terdapat beberapa  Trik dan Tips 3 Jenis (Tipe) Rangkaian Instalasi Listrik Rumah
Gambar instalasi listrik rumah multi line
Dalam menentukan type rangkaian instalasi listrik yang kondusif untuk rumah, maka di perlukan gambar yang sanggup menjelaskan system rangkaian instalasi listrik tersebut. Di kota batam umumnya memakai instalasi listrik multi MCB, alhamdulillah kepedulian masyarakat batam untuk mengutamakan keselamatan sangat tinggi, mungkin kerena masyarakat batam terbiasa dengan hukum safty engineering ketika bekerja. sehingga tidak sulit menerapkan safty dalam keseharian di luar jam kerja.

Related

Listrik 1 Phase 3367355580454854032

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item