Yang Dimaksud Pengertian Media Pembelajaran
Pengertian Media Pembelajaran - Media Pembelajaran terdiri atas kata ”media” dan ”pembelajaran”. Media atau medium berasal dari kata la...
https://tutorialcarapintar.blogspot.com/2019/02/yang-dimaksud-pengertian-media.html
Pengertian Media Pembelajaran - Media Pembelajaran terdiri atas kata ”media” dan ”pembelajaran”. Media atau medium berasal dari kata latin “Medius” yang berarti ”Tengah”. Dengan demikian, sanggup diketahui bahwa media yakni sesuatu yang menjadi mediator dengan yang lainnya. Dalam bahasa Arab media berarti mediator (Washaail) atau pengantar pesan dari pengirim kepada peserta pesan.
Menurut Purnamawati dan Eldarni media yakni segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke peserta sehingga sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.
Sedangkan menurut Wijaya dan Rusyan, media berperan sebagai perangsang berguru dan sanggup menumbuhkan motivasi berguru sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Dapat dikatakan bahwa media dalam pembelajaran besar lengan berkuasa terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.
Media sebagai segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada peserta pesan, sehingga sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses berguru mengajar berlangsung dengan efektif dan efesien sesuai dengan yang dibutuhkan Sadiman, dkk.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yakni segala sesuatu yang sanggup menyalurkan pesan, sanggup merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga sanggup mendorong terciptanya proses berguru pada diri peserta didik.
Media pembelajaran mempunyai tugas penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menurut Nana Sudjana (2002), bahwa dengan penggunaan media pembelajaran sanggup mempertinggi proses berguru mengajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya dibutuhkan d apat mempertinggi hasil berguru yang dicapainya.
Menurut Latuheru multimedia yakni suatu kombinasi dariberbagai medium, kombinasi tersebut sanggup dipakai untukkepentingan pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran pada dikala terjadinya proses berguru mengajar dalam kelas dibutuhkan sanggup mempertinggi minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses berguru mengajar yang sedang berlangsung.
Hal tersebut sanggup mempertinggi motivasi siswa untuk mengikuti proses berguru mengajar. Selain hal tersebut dengan penggunaan media pembelajaran maka siswa sanggup melihat secara langsung, tidak hanya dengan kata-kata sehingga dibutuhkan siswa sanggup lebih gampang memahami apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Beberapa definisi menjelaskan wacana fungsi media pembelajaran yakni sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Namun, masih ada fungsi spesifik lain dari penggunaan media pembelajaran. Fungsi media pembelajaran tersebut antara lain:
a. Fungsi Atensi - Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b. Fungsi Afektif - Dapat mengubah emosi dan perilaku siswa
c. Fungsi Kognitif - Memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
d. Fungsi Kompensatoris - Memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi
Menurut Purnamawati dan Eldarni media yakni segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke peserta sehingga sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.
Sedangkan menurut Wijaya dan Rusyan, media berperan sebagai perangsang berguru dan sanggup menumbuhkan motivasi berguru sehingga siswa tidak menjadi bosan dalam meraih tujuan-tujuan belajar. Dapat dikatakan bahwa media dalam pembelajaran besar lengan berkuasa terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.
Pengertian Media Pembelajaran |
Media sebagai segala sesuatu yang sanggup dipakai untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada peserta pesan, sehingga sanggup merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses berguru mengajar berlangsung dengan efektif dan efesien sesuai dengan yang dibutuhkan Sadiman, dkk.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yakni segala sesuatu yang sanggup menyalurkan pesan, sanggup merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga sanggup mendorong terciptanya proses berguru pada diri peserta didik.
Media pembelajaran mempunyai tugas penting dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menurut Nana Sudjana (2002), bahwa dengan penggunaan media pembelajaran sanggup mempertinggi proses berguru mengajar siswa dalam pengajaran yang pada gilirannya dibutuhkan d apat mempertinggi hasil berguru yang dicapainya.
Menurut Latuheru multimedia yakni suatu kombinasi dariberbagai medium, kombinasi tersebut sanggup dipakai untukkepentingan pembelajaran.Penggunaan media pembelajaran pada dikala terjadinya proses berguru mengajar dalam kelas dibutuhkan sanggup mempertinggi minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses berguru mengajar yang sedang berlangsung.
Hal tersebut sanggup mempertinggi motivasi siswa untuk mengikuti proses berguru mengajar. Selain hal tersebut dengan penggunaan media pembelajaran maka siswa sanggup melihat secara langsung, tidak hanya dengan kata-kata sehingga dibutuhkan siswa sanggup lebih gampang memahami apa yang disampaikan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas.
Beberapa definisi menjelaskan wacana fungsi media pembelajaran yakni sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Namun, masih ada fungsi spesifik lain dari penggunaan media pembelajaran. Fungsi media pembelajaran tersebut antara lain:
a. Fungsi Atensi - Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pengajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan
b. Fungsi Afektif - Dapat mengubah emosi dan perilaku siswa
c. Fungsi Kognitif - Memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
d. Fungsi Kompensatoris - Memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu siswa yang lemah dalam membaca dan mengorganisasikan informasi