Tips Dan Trik Shortcut Keyboard Di Software Blender 3D Animation

- Seperti yang sudah ketahui bahwa software Blender yaitu salah satu software 3D animasi yang ketika ini sedang naik daun. Hal ini a...

A+ A-
·         “N” key – Berfungsi untuk menampilkan gosip sebuah obyek dalam bentuk numeric.
·         Ctrl + “J” – Berfungsi untuk menggabungkan obyek.
·         Alt + “A” – Berfungsi untuk menjalankan animasi.
·         “F” key – Berfungsi untuk menciptakan sebuah sisi pada “edit mode”.
·         “W” key – Ekspresi Boolean untuk menggabungkan atau mengiris pada 2 obyek atau lebih.
·         “X” atau Delete – Berfungsi untuk menghapus obyek, vertices, atau sisi.
·         Function keys – F1 = Load File, F2 = Save, F3 = Save Image, F4 = Lamp Buttons, F5 = Material Buttons, F6 = Texture Buttons, F7 = Animation Buttons, F8 = Real Time Buttons, F9 = Edit Buttons, F10 = Display Buttons, F11 = Last Render, F12 = Render.
·         “I” key – Berfungsi untuk memasukkan animasi.
·         ALT + “U” – Berfungsi untuk menampilkan “Global Undo Command”.
·         ALT + “C” – Berfungsi untuk mengkonversi menjadi meshes, text dan curves.
·         Shift + Space – Berfungsi untuk menampilkan seluruh layar atau hanya pada viewport yg aktif saja.
·         Ctrl + “0” – Berfungsi untuk menentukan sebuah camera.

 MENU FILE

·         Append = Ketika anda menginginkan untuk memasukkan elemen dari file Blender yang satu ke file Blender yang lainnya, perlu memakai append command.
·         Save = menyimpan hasil kerja
·         Save As = menyimpan hasil kerja dengan nama lain
·         Export/Import = kemampuan Blender untuk mendapatkan beberapa jenis 3D file dari aktivitas lain. Blender sanggup menyimpan ke dalam bentuk file 3D dari aktivitas lain ataupun juga sebaliknya

 MENU ADD

Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, ibarat kamera, lighting dan objek 3D.
Render berfungsi untuk melihat hasil Rendering dan settingnya.

Help dipakai untuk melihat bagaimana Blender bekerja dan aneka macam tanggapan untuk pertanyaan dari user.

2. View Port


Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Lamp dan Camera. Secara default, View Port mempunyai axis X dan Y. dan didalam view port ini kita bisa melihat project dalam aneka macam macam sudut dan sanggup mengatur letak dan kamera serta sebagainya.

3. Tool Button


Berikut beberapa tools button yang biasa dipakai pada Blender :
Translate Manipulator Mode
Berfungsi untuk mengambil objek. Disimbolkan segitiga merah, jikalau memakai keboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+G.

Rotate Manipulator Mode

Berfungsi untuk memutar objek. Disimbolkan berupa lingkaran hijau, jikalau memakai keyboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+R.

Scale Manipulator Mode

Berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil objek. Disimbolkan berupa persegi biru, jikalau memakai keyboard bisa secara pribadi menekan Ctrl+Alt+S.

Transform Orientation

Berfungsi untuk mengabungkan beberapa objek.

Rotating/ Scaling pivot

Berfungsi memutar dan memperbesar atau memperkecil pada area pivot, pivot merupakan titik sentra suatu objek. Disimbolkan berupa titik hitam dengan tanda panah. Pivot yaitu titik sentra dari suatu objek, secara default pada Blender kita memakai Median Point.

Modeling

Berfungsi untuk menciptakan model 3D awal.

UV Mapping

Berfungsi untuk memindahkan objek menurut vertex.

Texturing

Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan Blender.

Rigging

Berfungsi untuk pembuatan tulang atau bones pada objek.

Skinning

Berfungsi untuk pembuatan kulit pada objek atau model.

Animasi

Berfungsi untuk pembuatan animasi atau objek bergerak secara timeline/ waktu.

Particle

Berfungsi untuk pembuatan particle pada objek atau model.

Basic Blender Shortcut:

• Memilih obyek: klik kanan

• Multiple obyek: shift + klik kanan

• Select/Deselect All: A

Tools Shelf Toggle: Shortcut: T ; Menampilkan Tools Shelf

• Menghapus obyek (vertex, edge, face): x

• Properties Panel Toggle: Shortcut: N ; Menampilkan Properties Panel

• Set Center: Shortcut: Shift + CTRL + Alt + C
; Gunakan sajian ini untuk select Center New, Center Cursor atau ObData to Center

Circle Select: Shortcut: C ; Untuk seleksi Circle/bundar

Marquee Zoom: Shortcut: Shift + B, kemudian LMB-drag ; Untuk zoom obyek dengan seleksi kotak

Quick Toggle for Vertices, Edges and Faces: Shortcut: CTRL+TAB ; Dalam edit mode gunakan ini untuk mempercepat perpindahan seleksi

Isolate your Model in 3D: Shortcut: Alt + B dan LMB-drag ; Lalu, rotasikan di 3D view untuk melihat “3D projection” isolated model. Tekan Alt + B lagi untuk mengembalikan ke posisi normal.

Transform Hotkeys ; G = Move (Grab) ; R = Rotate ; S = Scale ; Alt + G = Reset Position ; Alt + R = Reset Rotation ; Alt + S = Reset Scale

Add: Shift + A

Viewport ala 3ds Max: Ctrl+Alt+Q

Sekian Penjelasan dari aku ihwal shortcut keyboard yang ada di software Blender 3D Animation ini.
Terima kasih jangan lupa untuk meninggalkan jejak di komentar,

Related

Design 2970441386118776015

Technology

Hot in weekRecentComments

Hot in week

Recent

Comments

item