Tips Tutorial Cara Daftar Dan Verifikasi Situs Web / Blog Ke Google Webmaster

Google Webmaster (Google Search Console) merupakan alat yang disediakan Google bagi para pemilik situs web / blog untuk lebih meningkatkan k...

A+ A-
Google Webmaster (Google Search Console) merupakan alat yang disediakan Google bagi para pemilik situs web / blog untuk lebih meningkatkan kinerja situs terhadap mesin pencari Google. Alat tersebut mengumpulkan data dan warta situs yang sanggup kita jadikan sebagai materi untuk memilih langkah-langkah pengoptimalan mesin telusur, atau biasa disebut SEO (Search Engine Optimization).

Selain itu, Google Webmaster juga menyediakan banyak sekali fitur pendukung supaya situs web kita gampang di indek mesin pencarian Google.

Apa yang kita dapatkan dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster tools?

  1. Data laporan analisis situs yang berisi warta kata kunci pemicu kemudian lintas web, jumlah tayangan, klik dan peringkat halaman pada hasil indeks Google penelusuran.
  2. Laporan banyak sekali kesalahan yang mungkin terjadi di dalam situs.
  3. Fitur untuk memanggil bot Google supaya merayapi ulang halaman situs. Hal ini sanggup kita manfaatkan untuk mempercepat proses indek artikel baru. Pelajari cara supaya artikel cepat di index Google.


Berikut cara mendaftarkan situs web / blog di Google Webmaster Tools.

  1. Kunjungi Google Search Console, Atau jikalau Anda pengguna platform Blogger, buka Preferensi penelusuran pada hidangan Setelan Blogger. Klik "Edit" disamping goresan pena "Google Search Console"
  2. Pada halaman beranda Search Console, klik tombol "Tambahkan Properti"
  3. Isikan alamat situs Anda pada kolom url
     merupakan alat yang disediakan Google bagi para pemilik situs web  Tips Tutorial Cara Daftar dan Verifikasi Situs Web / Blog ke Google Webmaster
  4. Klik tombol "Tambah"


Keterangan:

  • Anda boleh menambahkan properti untuk semua versi (http atau https, www atau non-www), tapi hanya versi yang Anda gunakan yang akan mendapatkan laporan data analytics situs.
  • Jika Anda mengganti versi, maka secara berangsur-angsur data pada versi yang usang akan menurun dan beralih ke versi yang ketika ini digunakan. Jadi, pastikan Anda menambahkan properti untuk versi yang ketika ini digunakan.


Verifikasi Situs di Google Webmasters Tools
Jika dulu verifikasi kepemilikan situs dilakukan secara manual dengan menambahkan tag HTML Google-Site-Verification pada HTML situs. Namun, sekarang hal itu sudah tidak perlu dilakukan lagi. Karena untuk setiap blog yang dibentuk di Blogger dan Google Site akan diverifikasi secara otomatis di akun Search Console.

Begitu juga blog dengan domain TLD, biasanya sudah terverifikasi otomatis memakai data record CNAME DNS yang tersimpan di penyedia nama domain.

Jika Anda masih ragu, ikuti langkah berikut untuk melihat detai verifikasi

  1. Pada beranda Google Search Console, pilih properti yang Anda inginkan
  2. Klik ikon roda gigi pada bab kanan atas
  3. Klik "Detail Verifikasi"
  4. Klik dan klik lagi "Detail Verifikasi" hingga muncul warta terkait metode verifikasi situs yang digunakan.
     merupakan alat yang disediakan Google bagi para pemilik situs web  Tips Tutorial Cara Daftar dan Verifikasi Situs Web / Blog ke Google Webmaster


Jika ingin menambahkan metode verifikasi

  1. Pada halaman yang sama, klik "Verifikasikan dengan memakai metode yang berbeda"
  2. Pilih salah satu metode verifikasi, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Related

Tutorial Blogger 3690956114905953029

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item