Tips Tutorial Cara Mengatasi Tidak Dapat Install Aplikasi Di Android

Saat melaksanakan proses Install aplikasi di HP Android, baik itu yang berasal dari Google Play Store maupun dari sumber pihak ketiga. Terka...

A+ A-
Saat melaksanakan proses Install aplikasi di HP Android, baik itu yang berasal dari Google Play Store maupun dari sumber pihak ketiga. Terkadang kita menemui beberapa problem / error yang menciptakan Aplikasi gagal di install.

Hal ini tentu sangat menciptakan kita merasa kesal, apalagi kalau aplikasi yang tidak sanggup di install memang sedang kita butuhkan sekali untuk membantu kiprah kita.

Kenapa Tidak Bisa Install Aplikasi Di HP Android?
Saat melaksanakan proses Install aplikasi di HP Android Tips Tutorial Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi tidak sanggup install apk di android, ada baiknya kita mengetahui dulu, alasan apa saja yang menyebabkan hal tersebut. Berikut ini ialah beberapa problem yang sering menjadi penyebab aplikasi tidak sanggup di install di android. Diantaranya adalah:
  • Memori penuh
  • Versi android tidak mendukung
  • Aplikasi tidak sanggup dipasang alasannya ialah berasal dari sumber yang tidak dipercaya
  • Ukuran file yang terlalu besar
  • Android tidak sanggup install aplikasi dari Google Play alasannya ialah sistem error
  • Dan masih banyak lagi

Baca juga:
  1. Cara Mencegah dan Mengatasi Malware di Android
  2. Cara Mengganti Nama Fb
  3. Cara Menghemat Baterai Smartphone Android
  4. Cara Membuat Email Gmail di HP Android

Bagaimana cara mengatasi tidak sanggup menginstal aplikasi di HP Android?

Nah, kalau kau mengalami problem menyerupai diatas atau tidak sanggup menginstall aplikasi, kau sanggup memakai beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya.

1. Mengatasi tidak sanggup install aplikasi alasannya ialah Memori Internal Penuh
Alasan yang paling sering menciptakan aplikasi gres tidak sanggup di install ialah ruang memori kosong yang tersedia sudah tidak mencukupi. Saat kondisi memori internal sudah penuh, biasanya akan muncul notifikasi dikala mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Namun, hal yang mungkin menciptakan kau resah ialah ketika proses awal pengunduhan aplikasi selalu tertunda dan tidak ada notifikasi apapun di layar Android Anda.

Beberapa langkah yang sanggup Anda lakukan kalau tidak sanggup install aplikasi alasannya ialah memori penuh:

  1. Hapus data cache aplikasi. Gunakan aplikasi cleaner atau sejenisnya untuk membersihkan cache aplikasi, sampah sistem, dan berkas sisa secara berkala. Selain untuk meningkatkan kinerja, langkah ini juga sanggup membebaskan sebagian memori internal smartphone Android kamu.
  2. Jika dirasa masih belum cukup, hapus beberapa aplikasi yang sudah usang tidak terpakai guna membuka space untuk menginstal aplikasi baru. Kalau perlu, hapus juga file gambar atau video yang kau anggap tidak penting
  3. Jika memungkinkan (ada modal), gunakan memori eksternal untuk menyimpan semua file, baik apk, gambar, video dan lainnya. Kaprikornus kau tidak perlu menghapus aplikasi yang mungkin masih mempunyai kegunaan di kemudian hari.

2. Cara mengatasi tidak sanggup install apk alasannya ialah Versi Android Tidak Mendukung
Salah satu alasan kenapa aplikasi tidak sanggup di install di Android kau ialah alasannya ialah versi android yang kau gunakan tidak di dukung. Jika kau menginstall aplikasi dari Google Play Store, maka di setiap halaman aplikasi, biasanya ada gosip mengenai versi android yang di dukung.

Untuk menghindari problem ini, ada baiknya sebelum mulai menginstall suatu aplikasi, pastikan dulu bahwa aplikasi tersebut cocok diterapkan di HP Android kamu.

3. Cara mengatasi Aplikasi tidak sanggup di install alasannya ialah sumber yang tidak dipercaya
Pada dikala pemasangan aplikasi selain dari Google Play Store (pihak ketiga), entah itu dari situs penyedia apk, atau melalui fitur membuatkan file menyerupai SHAREit. Terkadang muncul notifikasi bahwa "Aplikasi gagal di install alasannya ialah berasal dari sumber yang tidak dipercaya".

Agar sanggup install aplikasi dari sumber tidak dipercaya/dikenal. Pastikan HP Android Anda disetel untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Caranya:
  • Buka Setelan > Keamanan > Sumber tidak dikenal

4. Cara mengatasi tidak sanggup menginstal aplikasi berukuran besar
Di Google Play Store, secara default kau akan diminta untuk mendownload memakai Wi-Fi untuk aplikasi berukuran besar. Alhasil, aplikasi tidak sanggup di download kalau kau sedang tidak terhubung ke Wi-Fi.

Nah, untuk mendownload aplikasi berukuran besar, pastikan kau membuang tanda centang disamping “Download melalui wifi saja” pada notifikasi yang muncul. Kemudian klik "Lanjutkan" untuk memulai proses pengunduhan aplikasi memakai data seluler.

5. Cara mengatasi tidak sanggup install aplikasi akhir Sistem Error
Jika kau tidak sanggup install aplikasi dari Google Play Store, sanggup jadi alasannya ialah Google Play Store kau mengalami error.

Salah satu cara yang sanggup kau tempuh untuk mengatasi problem tersebut ialah dengan menghentikan Google Play Store secara paksa.

Cara ini biasanya cukup ampuh semoga Google Play Store sanggup dipakai kembali untuk menginstall aplikasi.

Berikut ialah cara menghentikan Google Play Store.

  • Buka Setelan > Aplikasi Terinstall > Google Play > Hentikan Aplikasi

Selain sanggup mengatasi aplikasi Google Play Store yang error dengan cara menghentikannya, kau juga sanggup menghapus datanya.

Menghapus data Google Play tidak akan menghapus aplikasinya, hanya menghapus datanya saja. Kaprikornus aman.

Untuk menghapus data Google Play Store, kau sanggup mengikuti caranya dibawah ini:

  • Buka Setelan > Aplikasi Terinstall > Google Play > Hapus Data Aplikasi

Cara Alternatif

Jika semua cara diatas sudah kau lakukan tapi masih belum sanggup menginstall aplikasi juga, baik dari Google Play maupun pihak ketiga, maka kau wajib mencoba jurus pamungkas berikut ini.

Cara terakhir ini ialah dengan mereset smartphone android yang kau miliki ke pengaturan awal (setelan pabrik).

Artinya, semua pengaturan, aplikasi dan lainnya akan hilang dan kembali menyerupai ketika awal kau membeli smartphone.

Perlu diperhatikan, hanya lakukan hal ini kalau semua cara sudah kau lakukan, tapi risikonya masih nihil.

Pastikan juga kau sudah membackup/mencadangkan data-data penting dari smartphone.

Untuk mereset smartphone kamu, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Buka Setelan > Setelan Tambahan > Buat cadangan dan setel ulang > Hapus data aplikasi dan aplikasi yang sanggup dibongkar

Tunggu sampai proses reset selesai.

Kemudian cobalah kembali install aplikasi dari Google Play. Cara ini biasanya sangat ampuh.

Catatan

Itulah beberapa cara mengatasi tidak sanggup install aplikasi di smartphone android. Cara diatas sanggup kau terapkan di semua brand smartphone android, mulai dari Samsung, Acer, HP, Asus, Huawei, Lenovo, Oppo, Xiaomi, dan masih banyak lagi.

Related

Info 433728015163043712

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item