Tutorial Cara Mengatur Indentasi Pada Word

Pengaturan indentasi atau penggeseran paragraf baik ke kiri maupun ke kanan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara. Masing-masing cara me...

A+ A-
Pengaturan indentasi atau penggeseran paragraf baik ke kiri maupun ke kanan sanggup dilakukan dengan aneka macam cara. Masing-masing cara memiliki fungsi sesuai dengan tujuan dan variasi pekerjaan yang dilakukan.

Cara-cara tersebut adalah:

1. Melalui grup Paragraph pada ribbon Home

Anda sanggup eksklusif menekan tombol Decrease Indent dan Increase Indent yang terdapat pada grup Paragraph (ribon home) untuk menggeser paragraf ke kanan atau ke kiri.


2. Melalui grup Paragraph pada ribon Page Layout

Cara sebelumnya, pengaturan indentasi tidak sanggup diatur ukurannya. Namun melalui grup Paragraph yang terdapat pada Page Layout, Anda sanggup mengatur sendiri


3. Melalui Kotak Dialog Paragraph

Jika ingin melaksanakan pengaturan paragraf lebih lanjut, caranya dengan mengklik anak panah (tooltip) pada grup paragraph untuk memunculkan kotak obrolan Paragraph.


Sehingga akan muncul kotak dialog Paragraph ibarat berikut:


Keterangan:
Left, jarak indentasi dari margin kiri
Right, jarak indentasi dari margin kanan
Special, indentasi khusus sesuai dengan pengaturan yang kita lakukan sendiri, terdiri dari None (meniadakan indentasi khusus), First Line (indentasi kiri hanya untuk paragraf pertama saja) dan Hanging (untuk menciptakan indentasi gantung)

4. Melalui Ruler

Selanjutnya Anda juga sanggup melaksanakan pengaturan secara manual melalui ruler. Tentu saja rulernya harus diaktifkan terlebih dahulu yang sanggup dilihat pada ribbon View.
Selanjutnya seleksi paragraf yang ingin diubah indentasinya, kemudian geser indentasi sesuai yang diinginkan memakai pointer mouse, ibarat gambar berikut:




Tuliskan email Anda jikalau ingin berlangganan, sehingga setiap ada goresan pena terbaru dari blog ini akan eksklusif terkirim ke alamat email Anda dan kerahasiaan email Anda dijamin



Related

Office Word 7914022548378010417

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item