Tutorial Cara Menghitung Bunyi Pemilih Dengan Excel

Jika Anda ingin melaksanakan memilihan pimpinan dalam sebuah organisasi atau di lingkungan sekolah, Anda sanggup memanfaat Aplikasi Excel se...

A+ A-
Jika Anda ingin melaksanakan memilihan pimpinan dalam sebuah organisasi atau di lingkungan sekolah, Anda sanggup memanfaat Aplikasi Excel sebagai media penghitungannya.

Dengan Microsoft Excel, Anda sebagai panitia pemilihan tidak harus melaksanakan penulisan secara manual di papan tulis menyerupai yang dilakukan dalam pemilihan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi baru-baru ini di program televisi kita. Sehingga Anda sanggup melaksanakan dengan sedikit agak berbeda dan simpel serta laba kedua data yang ada sudah otomatis terekam dalam file yang tersimpan dalam komputer.

Pembuatan perhitungan bunyi dalam referensi berikut saya contohkan dalam pemilihan wakil kepala sekolah di salah satu sekolah dengan perkiraan bahwa setiap akseptor pemungutan bunyi (calon pemilih) mempunyai hak bunyi sebanyak empat bunyi (anda sanggup menggunakan untuk satu suara).

Langkah-langkah menciptakan Tabel Perolehan Suara dalam Pemilihan sebagai berikut:

1. Buat tabel dalam Excel menyerupai referensi gambar dibawah ini:


2. Kemudian pada keterangan isikan nama calon (G10 hingga G15) yang akan dihitung suaranya.

3. Pada sel B4, C4, D4 dan E4 isikan nama-nama calon yang terpilih menurut bunyi pemilih, dan isikan pula pada sel berikut hingga batas selesai jumlah pemilih, dalam referensi ini diasumsikan jumlah pemilih sebanyak 100 orang.

Jika terlalu usang Anda menulis nama calon, Anda sanggup menggunakan fungsi Data Validation yang sanggup dilihat pada penjelasannya disini.

4. Pada sel H10 pada perolehan Suara isikan rumus =COUNTIF($B$4:$E$103;H10) dan drag hingga sel H15.

5. Pada sel G4 pada bunyi terbanyak isikan rumus =INDEX(G10:G18;MATCH(H4;H10:H18;0))

6. Pada sel H4 pada nilai bunyi terbanyak isikan rumus =MAX(H10:H18).

Nah sehabis selesai penghitunga bunyi Anda sanggup melihat siapa saja yang memperoleh bunyi terbanyak dan siapa yang tertinggi.


Jika Anda masih binggung dalam klarifikasi ini, Anda sanggup mengunduh file Excel nya disini, (bagi yang menggunakan Office 2010) atau disini (bagi yang menggunakan Office 2007) dan Anda sanggup memodifikasi sesuai keinginan.

Selamat mencoba...

disini



Related

Office Excel 6770785675145563205

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item