Tutorial Langkah-Langkah Menciptakan Ornamen

Ornamen ialah pola hias yang dibentuk dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu bend...

A+ A-
Ornamen ialah pola hias yang dibentuk dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni.

Ornamen juga merupakan tentang yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya lainnya) sebagai bab dari struktur yang ada didalam. (Susanto, 2003). Ornamen tidak hanya dimanfaatkan untuk menghias suatu benda/produk fungsional tapi juga sebagai elemen penting dalam karya seni (lukisan, patung, grafis), sedangkan teknik visualisasinya tidak hanya digambar ibarat yang kita kenal selama ini, tapi juga dipahat, dan dicetak.

Dalam perkembangan selanjutnya, penciptaan karya seni ornamen tidak hanya dimaksudkan untuk mendukung keindahan suatu benda, tapi dengan semangat kreativitas seniman mulai menciptakan karya ornamen sebagai karya seni yang bangun sendiri, tanpa harus menumpang atau mengabdi pada kepentingan lain.

Nah berikut ialah salah satu langkah-langkah dalam mewujudkan sebuah ornamen yang indah.

Pertama dalam menciptakan ornamen harus menciptakan pola terlebih dahulu, misalnya pola segi tiga


Lalu beri hiasan sesuai cita-cita Anda


Setelah itu penuhi bidang segitiga tad dengan pola yang komplit, serta gandakan dan balikkan sehingga pola segi tiga tadi menjadi segi empat.


Setelah itu tambahkan sehingga menjadi pola yang beraturan


tambahkan sampai memenuhi bidang segi embat yang lebih besar


Hingga bertemu pola segi tiga tadi menjadi ibarat pada langkah 15.


Seluruh bidang sanggup Anda beri warna sesuai dengan yang Anda suka berdasarkan kaidah-kaidah keindahan...


Ternyata menciptakan orname yang sangat rumit pun jikalau kita memahami langkah-langkahnya akan terasa mudah...., apalagi jikalau Anda jago memakai kegiatan aplikasi pengolah gambar vektor (CorelDraw, Macromedia FreeHand maupun Adobe Illustrator), pola ibarat diatas sangat gampang untuk dibentuk berulang.


Selamat berkarya....

disini



Related

Desain Grafis 7070708823038792832

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item