Tips Menciptakan Kalkulator Sederhana Berbasis Android
Hey guys gimana kabarnya..? Berhubung hari ini saya lagi libur jadi nggak ada salahnya saya melanjutkan tutorial android yang saya...
https://tutorialcarapintar.blogspot.com/2019/02/tips-menciptakan-kalkulator-sederhana.html
Hey guys gimana kabarnya..?
Berhubung hari ini saya lagi libur jadi nggak ada salahnya saya melanjutkan tutorial android yang saya posting sebelumnya. Ok pada postingan kali ini saya akan membuatkan perihal bagaimana cara menciptakan kalkulator sederhana bebasis android. nah, ibarat yang pernah saya sampaikan sebelumnya bahwa pemrograman android terdiri dari bahasa pemrograman XML dan Java, dimana bahasa pemrograman xml berfungsi untuk medesain layout, dan java berfungsi untuk pemrosesan. jadi, semua proses diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman java. nah, ibarat yang kita ketahuai bahwa bahasa pemrograman java ialah bahasa pemrograman berorientasi object (OOP) berarti abjad besar dan abjad kecil dibedakan.
pada pemrograman berbasis android, kita memakai komponen EditText untuk menampung input dan output, sedangkan yang kita ketahui bahwa EditText hanya bisa menampung data yang bertype String, jadi untuk melaksanakan proses aritmatika kita harus menkonversi dari String ke Int (angka) dan untuk menampilkan hasil dari proses kita juga memakai komponen EditText. jadi kita harus mengkonversi lagi dari Int(angka) ke String dan begitu terus selanjutnya.
Ok, kini kita mulai saja, silahkan buat project gres dengan settingan ibarat gambar berikut:
klik finish.
ok, kini ketikan koding di main.xml nya sepeti dibawah ini:
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<LinearLayout xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
android:orientation="vertical"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="fill_parent"
>
<TextView
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Tutorial2 by fikriberbagi.blogspot.com"/>
<EditText
android:id="@+id/EditText01"
android:layout_width="fill_parent"
android:layout_height="70dp"
android:hint="Masukan Angka Pertama">
</EditText>
<EditText
android:id="@+id/EditText02"
android:layout_height="70dp"
android:hint="Masukan Angka Kedua"
android:layout_width="fill_parent">
</EditText>
<LinearLayout
android:id="@+id/LinearLayout01"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:orientation="horizontal">
<Button
android:id="@+id/Button03"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Tambah"
android:onClick="Tambah" android:layout_width="80dp">
</Button>
<Button
android:id="@+id/Button01"
android:layout_height="wrap_content"
android:onClick="Kurang"
android:text="Kurang" android:layout_width="80dp">
</Button>
<Button
android:id="@+id/Button02"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Kali"
android:onClick="Kali" android:layout_width="80dp">
</Button>
<Button
android:id="@+id/Button04"
android:layout_height="wrap_content"
android:onClick="Bagi"
android:text="Bagi" android:layout_width="80dp">
</Button>
</LinearLayout>
<EditText
android:id="@+id/EditText03"
android:layout_height="70dp"
android:hint="Hasil"
android:layout_width="fill_parent">
</EditText>
</LinearLayout>
Nah, Coba diteliti lagi koding main.xml diatas, pada koding diatas saya telah menyertakan event untuk masing2 buttonnya yang nantinya akan dipanggil pada coding java-nya.
Maka Akan tampil desain layout yang kita desain dengan koding diatas ibarat gambar berikut:
sekarang silahkan ketikan coding pada java-nya ibarat berikut:
package com.tutor2;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.*;
import android.view.*;
public class fikritutor2 extends Activity {
/** Called when the activity is first created. */
EditText one,two,hasil;
Button tambah,kurang,kali,bagi;
double satu,dua,hsl;
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
one=(EditText)findViewById(R.id.EditText01);
two=(EditText)findViewById(R.id.EditText02);
hasil=(EditText)findViewById(R.id.EditText03);
tambah=(Button)findViewById(R.id.Button01);
kurang=(Button)findViewById(R.id.Button02);
kali=(Button)findViewById(R.id.Button03);
bagi=(Button)findViewById(R.id.Button04);
}
public void Tambah(View view){
satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
hsl=satu+dua;
hasil.setText(Double.toString(hsl));
}
public void Kurang(View view){
satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
hsl=satu-dua;
hasil.setText(Double.toString(hsl));
}
public void Kali(View view){
satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
hsl=satu*dua;
hasil.setText(Double.toString(hsl));
}
public void Bagi(View view){
satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
hsl=satu/dua;
hasil.setText(Double.toString(hsl));
}
}
Keteranngan coding :
coding berikut ialah coding untuk menciptakan variabel untuk widget yang kita gunakan di dalam layout aplikasi android yang kita desain:
EditText one,two,hasil;
Button tambah,kurang,kali,bagi;
sedangkan coding berikut ialah coding untuk deklarasi dari string ke type data angka yang akan kita gunakan nantinya.
coding berikut ini dipakai untuk saat aplikasi dijalankan akan dikenali bahwa EditText01 ialah one, EditText02 sebagai two, dan EditText03 sebagai hasil. demikian juga dengan nama gres untuk buttonnya.
one=(EditText)findViewById(R.id.EditText01);
two=(EditText)findViewById(R.id.EditText02);
hasil=(EditText)findViewById(R.id.EditText03);
tambah=(Button)findViewById(R.id.Button01);
kurang=(Button)findViewById(R.id.Button02);
kali=(Button)findViewById(R.id.Button03);
bagi=(Button)findViewById(R.id.Button04);sedangkan coding berikut ini ialah coding saat tombol Tambah diklik maka akan dilakukan operasi penambahan apa yang diinputkan di EditText01 dan EditText02 dan alhasil akn ditampilkan di EditText03.
public void Tambah(View view){
satu=Double.parseDouble(one.getText().toString());
dua=Double.parseDouble(two.getText().toString());
hsl=satu+dua;
hasil.setText(Double.toString(hsl));
}Coba perhatikan lagi coding diatas..! saat kita ingin menampilkan alhasil ke EditText03. kita harus mengkonversi lagi ke String dengan perintah Double.toString ibarat koding diatas.
nah, untuk coding tombol kurang, kali dan bagi tinggal dicopy-paste aja coding dari tombol tambah.
sampai disini selesailah aplikasi kalkulator sederhana berbasis android yang kita buat. silahkan jalankan aplikasinya dengan cara klik kanan pada project android kita pilih Run As dan klik Android Aplication.
maka alhasil ibarat gambar berikut:
ok, guys terima kasih telah berkunjung, wassalamm...