Tips Menciptakan Aplikasi Sederhana Berbasis Android
Kali aku akan memposting bagaimana cara menciptakan aplikasi sederhana berbasis android. Sebelum masuk ke topik pembahasan, a...
https://tutorialcarapintar.blogspot.com/2019/02/tips-menciptakan-aplikasi-sederhana_9.html
Kali aku akan memposting bagaimana cara menciptakan aplikasi sederhana berbasis android. Sebelum masuk ke topik pembahasan, aku ingin menawarkan citra bahwa bahasa pemrograman android terdiri dari bahasa XML dan JAVA. Dimana XML berfungsi untuk mendesain layout dan java berfungsi untuk pemrosesan. Semua proses didalam aplikasi android diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman JAVA. Kaprikornus untuk menciptakan aplikasi berbasis android tidak dapat terlepas dari java.
Java yaitu bahasa pemrogram berorientasi object (OOP) yang bersifat case sensitive, artinya karakter besar dan karakter kecil dibedakan. Jadi, untuk menciptakan aplikasi android benar2 dituntut ketelitian dalam pengetikan koding.
Disini aku akan menciptakan aplikasi selingkuhan sederhana berbasis android dengan cara kerjanya ketikan seseorang memasukan namanya, nama pasangannya, dan nama selingkuhannya dan klik tombol ok maka akan muncul pesan ibarat yang terlihat pada gambar disamping.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- In Articles Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
data-ad-slot="8852105979"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<!-- In Articles Ads -->
<ins class="adsbygoogle"
style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-3786943708043906"
data-ad-slot="8852105979"
data-ad-format="auto"
data-full-width-responsive="true"></ins>
<script>
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>
Baiklah, Langsung saja kita mulai.
Buat project gres dengan cara klik sajian file => New => Project.
Maka akan tampil jendela ibarat gambar berikut :
Pilih Android Project kemudian klik tombol Next.
Maka akan tampil jendela berikutnya untuk menciptakan nama project,nama aplikasi dan sebagainya.
Silahkan buat nama projectnya ibarat gambar berikut ini :
Pada gambar diatas dapat kita lihat bahwa aku akan menciptakan sebuah project yang berjulukan PrjSelungkuh dan Targetnya yaitu Samsung GALAXI Tab. Nah, teman2 tidak harus mengetikan sama dengan apa yang aku ketikan diatas, tetapi yang harus diperhatikan yaitu min SDK Version nya harus disamakan dengan API nya samsung galaxi itu sendiri sesuai yang terlihat pada gambar diatas.
Setelah mengisi semua yang diharapkan diatas, kemudian klik tombol Finish.
Nah, kini project aku sudah terlihat dijendela sebelah kiri dan silahkan klik projectnya dan klik folder res => layout => main.xml dan klik 2x pada main.xml.
Maka akan terlihat di tengah-tengah jendela Eclipse kita ibarat gambar berikut ini: Nah, disinilah kita menciptakan desain dari layout project android yang akan di bangun.
Secara default tampilan dari layout android kita yaitu ibarat gambar diatas yang terdiri dari satu Layout dan satu TextView.
Untuk membuktikannya silahkan beralih ke Tab main.xml yang terletak dibawah desain layout kita, maka akan terlihat kodingnya ibarat gambar berikut :
Koding diatas tidak kita ketikan secara manual melainkan tercipta dengan sendirinya ketikan kita melatakkan masing-masing komponen ke desain layout kita, jadi untuk sementara waktu jangan pusing2 untuk memikirkan koding diatas Ok.!
Sekarang kita masuk saja sesi mendesain tampilan dari aplikasi android kita, silahkan beralih ke tab Graphical Layout ibarat semula, Ok kini tambahkan komponen yang berjulukan EditText dengan cara klik_drag ke desain android kita ibarat gambar berikut:
Seperti yang terlihat pada gambar diatas yang aku beri tanda panah yaitu EditText dan yang aku beri kotak berwarna hitam yaitu Graphical Layout dan main.xml dan aku sebutkan sebelumnya.
Setelah menambahkan komponen EditText ibarat gambar diatas, silahkan atur propertiesnya ibarat tabel berikut :
Maka akan terlihat tampilan layout kita ibarat berikut :
Sampai disini udah ok belum.?
Kalo ok, mari kita lanjut. Sekarang tambahkan 2 komponen EditText lagi dengan setingan Propertiesnya sama dengan yang sebelumnya sudah dijelaskan hanya yang membedakannya yaitu Hint nya saja. Untuk EditText yang kedua Hint nya “Masukan Nama Pacar Anda” dan untuk Hint yang saat yaitu “Masukan Nama Selingkuhan Anda”.
Seperti yang terlihat pada layar layout aku berikut ini:
Ok, selanjutnya tambahkan juga sebuah komponen lagi yaitu Button, ibarat yang terlihat pada gambar berikut :
Untuk Button (Tombol) silahkan atur propertiesnya ibarat tabel berikut :
Nah, kini kita sudah tamat dalam mendesain aplikasi android kita kini kita masuk ke tahap berikutnya yaitu pembuatan koding, supaya aplikasi kita dapat dipakai dan diproses sesuai dengan cita-cita kita.
Seperti yang aku jelaskan sebelumnya, semua proses yang ada di aplikasi android yang kita buat diambil alih oleh java. Kaprikornus kita harus menguasai bahasa java dalam pemrograman android ini.
Ok eksklusif saja, klik project kita yang berada disebelah kiri jendela Eclipse kita dan masuk ke Aktivity1.java ibarat gambar berikut ini:
Klik 2x pada Aktivity1.java maka akan tampil jendela default kodingnya ibarat gambar berikut:
Nah, disinilah kita menyusun barisan perintah (koding) yang disusun menurut logika kita sendiri dengan syarat tidak menyalahi hukum dari konsep penulisan koding java.
Sekarang ketikan koding untuk mengimport widget yang kita gunakan didesain aplikasi android yang telah kita desain semoga komponen-komponen yang kita letakkan di layout di kenali oleh java.
Sekarang ketikan koding untuk mengimport widget yang kita gunakan didesain aplikasi android yang telah kita desain semoga komponen-komponen yang kita letakkan di layout di kenali oleh java.
Ketikan koding berikut :
package fikriberbagi.com;
import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;
import android.widget.*;
import android.view.*;
public class Aktivity1 extends Activity {
/** berikut ini adalah variabel. */
EditText NamaAnda;
EditText NamaPasanganAnda;
EditText NamaSelingkuhAnda;
Button TombolOK;
CharSequence pesan;
@Override
public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(R.layout.main);
NamaAnda=(EditText)findViewById(R.id.EditText01);
NamaPasanganAnda=(EditText)findViewById(R.id.EditText02);
NamaSelingkuhAnda=(EditText)findViewById(R.id.EditText03);
TombolOK=(Button)findViewById(R.id.Button01);
}
public void Ok(View v){
pesan="Nama Anda Adalah "+NamaAnda.getText()+" Bepacaran dengan "+NamaPasanganAnda.getText()+" Sekarang sedang berselingkuh dengan "+NamaSelingkuhAnda.getText();
Toast.makeText(getApplicationContext(), pesan, Toast.LENGTH_LONG).show();
}
}
Penjelasan Koding :
Koding diatas berfungsi untuk mendeklarasikan variabel, ibarat yang kita buat di desain layout kita terdiri dari 3 komponen EditText dan sebuah Button, sedang CharSequence berfungsi untuk menampung data bertipe String yang diinputkan dari EditText.
Catt : Nama variabel dilarang memakai spasi.
Nah, koding diatas ini berfungsi semoga saat aplikasi dijalankan maka EditText01 akan dianggap sebagai NamaAnda dan EditText02 akan dianggap sebagai NamaPasanganAnda dan seterusnya.
Sedangkan koding dibawahnya ibarat gambar berikut ini adalah koding yang berfungsi untuk mengeksekusi perintah dari aplikasi android yang kita buat.
Jika gambarnya kurang jelas, dapat dilihat lagi di koding lengkap diatas.
Nah, koding ini bekerja dengan cara saat tombol OK diklik maka tampil Nama anda yaitu (apa yang diinputkan dari EditText1) berpacaran dengan (apa yang diinputkan di EditText2) kini sedang berselingkuh dengan (apa yang dinputkan di EditText3) yang tampung didalm sebuah variabel pesan.
Catt: ketikan koding berikut satu baris ibarat gambar diatas, kalau tidak maka akan error .
Apa yang ditampung di dalam variabel pesan akan ditampilkan ditampilkan memakai koding berikut :
Akhirnya tamat juga aplikasi android kita.
Silahkan jalankan project nya dengan cara klik kanan pada projectnya => Run As => Android Aplication ibarat gambar berikut:
Maka akan tampil smartphone Samsung GALAXI Tab kita ibarat gambar berikut :
Masukan nama anda, nama pasangan anda dan nama selingkuhan anda kemudian kli tombo Ok
Maka, akan tampil pesan ibarat gambar diatas yaitu “Nama Anda yaitu Fikri Berpacaran dengan Cinta Laura kini berselingkuh dengan annisa cherybell”.
Catt: jangan iri ya, melihat nama pacar dan selingkuhan aku hehe..!!
Sekian dulu guys tutorial kali ini, kita bertemu lagi di tutorial berikutnya wassalam...