Yang Dimaksud Pengertian Handout Dan Fungsi Handout
Pengertian Handout Chairil pada menyatakan bahwa handout ialah materi tertulis yang siapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahua...
https://tutorialcarapintar.blogspot.com/2019/02/yang-dimaksud-pengertian-handout-dan.html
Pengertian Handout
Chairil pada menyatakan bahwa handout ialah materi tertulis yang siapkan oleh seorang guru untuk memperkaya pengetahuan akseptor didik. Handoutberasal dari bahasa Inggris yang berarti informasi, isu atau surat lembaran. Handouttermasuk media cetakan yang mencakup bahan-bahan yang disediakan di atas kertas untuk pengajaran dan informasi belajar, biasanya diambil dari beberapa literatur yang mempunyai relevansi dengan materi yang diajarkan/kompetensi dasar dan materi pokok yang harus dikuasai oleh akseptor didikSedangkan menurut Andi Prastowo Handout ialah materi pembelajaran yang sangat ringkas dan materi bimbing ini bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar dan materi pokok yang diajarkan kepada akseptor didik. Selain itu materi ajar handoutdiberikan kepada akseptor didik guna memudahkan mereka dikala mengikuti proses pembelajaran. Dengan demikian, materi bimbing ini bukanlah suatu materi ajar yang mahal melainkan hemat dan praktis.
Handout yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan ini difungsikan sebagai materi penyertapembelajaran pengelasan dengan proses las MIG dan dibutuhkan sanggup dipakai akseptor didik sebagai materi belajar. Menurut Nurtain handout ada 3 variasi diantaranya:
1) Bentuk catatan: Handoutini menyajikan konsep-konsep, prinsip, gagasan pokok wacana suatu topik yang akan dibahas.
2) Bentuk diagram: Handoutini merupakan suatu bagan, sketsa atau gambar, baik yang dilukis secara lengkap maupun yang belum lengkap.
3) Bentuk catatan dan diagram: Handoutini merupakan adonan dari bentuk pertama dan kedua.
Berdasarkan uraian di atas sanggup disimpulkan handout dipersiapkan guna memperlancar acara berguru mengajar dan bersumber dari literatur dan materi pokok yang diajarkan kepada akseptor didik.
Fungsi Handout
Menurut Steffen dan Peter Ballstaed (dalam Andi Prastowo, 2011: 80) fungsi handoutantara lain:1) Membantu akseptor didik semoga tidak perlu mencatat.
2) Sebagai pendamping klarifikasi pendidik
3) Sebagai materi acuan akseptor didik
4) Memotivasi akseptor didik semoga lebih ulet berguru
5) Pengingat pokok-pokok materi yang diajarkan
6) Memberi umpan balik
Menurut Davies, kegunaan handoutdapat membantu akseptor didik untuk:
1) Memperoleh informasi pelengkap yang belum tentu gampang diperoleh secara cepat dari daerah lain.
2) Memberikan rincian mekanisme atau teknik pelaksanaan yang terlalu kompleks bila memakai media audiovisual.
3) Materi yang terlalu panjang/kompleks yang telah diringkas dalam bentuk catatan yang gampang dipahami.
Berdasarkan pendapat di atas sanggup disimpulkan bahwa Handout sanggup berisi klarifikasi singkat wacana suatu materi atau bahasan menjelaskan kaitan antar topik, memberi pertanyaan dan acara pada para pembacanya, dan juga sanggup memperlihatkan umpan balik dan langkah tindak lanjut. Selain itu handout juga sanggup melengkapi kekurangan materi atau informasi pelengkap yang tidak didapat dalam buku teks atau sumber berguru siswa yang lain.