Yang Dimaksud Pengertian Tawakal Berdasarkan Ulama

Pengertian Tawakal - Secara etimologi, kata tawakal sanggup dijumpai dalam aneka macam kamus dengan variasi sebagai berikut: dalam Kamus  A...

A+ A-
Pengertian Tawakal - Secara etimologi, kata tawakal sanggup dijumpai dalam aneka macam kamus dengan variasi sebagai berikut: dalam Kamus  Al-Munawwir, disebut tawakkal 'ala Allah (bertawakal, pasrah kepada Allah). Dalam Kamus Arab Indonesia karya Mahmud Yunus, menyerahkan diri, tawakal kepada Allah.Dalam Kamus Indonesia Arab, tawakal dari kata:  tawakkala - yatawakkalu. Sedangkan dalam Kamus Al-Fikr, Indonesia-Arab-Inggris, tawakal berarti berserah kepada Allah (tawakkal 'ala Allah).

Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, tawakal berarti berserah (kepada kehendak Tuhan), dengan segenap hati percaya kepada Tuhan terhadap penderitaan, percobaan dan lain-lain. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, tawakal yaitu pasrah dirikepada kehendak Allah dan percaya sepenuh hati kepada Allah. Sedangkan dalam Kamus Modern Bahasa Indonesia, tawakal berarti kalau segalausaha sudah dilakukan maka harus orang menyerahkan diri kepada Allah yang Mahakuasa.

Menurut terminologi, terdapat aneka macam rumusan wacana tawakal, hal ini sebagaimana dikemukakan Hasyim Muhammad dalam bukunya yang berjudul "Dialog Tasawuf dan Psikologi":
Ada banyak pendapat mengenai tawakal.Antara lain pandangan yang menyatakan bahwa tawakal yaitu memotong korelasi hati dengan selain Allah. Sahl bin Abdullah menggambarkan seorang yang tawakal di hadapan Allah yaitu ibarat orang mati di hadapan orang yang memandikan, yang sanggup membalikkannya kemanapun ia mau. Menurutnya, tawakal yaitu terputusnya kecenderungan hati kepada selain Allah.

Pengertian Tawakal

Beberapa definisi lain sanggup dikemukakan di bawah ini:
a.  Amin Syukur dalam bukunya yang berjudul " Pengantar Studi Islam" dengan singkat menyatakan, tawakal artinya memasrahkan diri kepada Allah. Dalam buku lainnya yang berjudul "Tasawuf Bagi Orang Awam" merumuskan "tawakal" yaitu membebaskan hati dari ketergantungan kepada selain Allah SWT, dan menyerahkan segala keputusan hanya kepada-Nya (QS. Hud/11:123).
b.  Imam Qusyairi dalam bukunya yang berjudul Risalah Qusyairiyyah menjelaskan bahwa: berdasarkan Abu Nashr As-Siraj Ath-Thusi, syarat tawakal sebagaimana yang diungkapkan oleh Abu Turab An-Nakhsyabi yaitu melepaskan anggota badan dalam penghambaan, menggantungkan hati dengan ketuhanan, dan bersikap merasa cukup. Apabila ia diberikan sesuatu, maka ia bersyukur, Apabila tidak, maka ia bersabar. Menurut Dzun Nun Al-Mishri, yang dimaksud tawakal yaitu meninggalkan hal-hal yang diatur oleh nafsu dan melepaskan diri dari daya upaya dan kekuatan. Seorang hamba akan selalu memperkuat ketawakalannya apabila mengerti bahwa Allah Swt. selalu mengetahuinya dan melihat segala sesuatu. Abu Ja'far bin Farj mengatakan, "Saya pernah melihat seorang pria yang mengetahui Unta Aisyah alasannya yaitu ia sangat cerdik. la dipukul dengan cambuk. Saya bertanya kepadanya, "dalam keadaan bagaimana sakitnya pukulan lebih gampang diketahui?' Dia menjawab, 'Apabila kita dipukul alasannya yaitu dia, maka tentu ia mengetahuinya". Husin bin Manshur pernah bertanya kepada Ibrahim Al-Khawwash, "Apa yang telah engkau kerjakan dalam perjalanan dan meninggalkan padang pasir?" "Saya bertawakal dengan memperbaiki diriku sendiri."
c.  Al-Kalabadzi dalam bukunya mengetengahkan aneka macam definisi wacana tawakal, seperti: Sirri al-Saqti berkata: "Tawakal yaitu pelepasan dari kekuasaan dan kekuatan." Ibn Masruq berkata: "Tawakal yaitu kepasrahan kepada ketetapan takdir." Sahl berkata: "Kepercayaan berarti merasa hening di hadapan Tuhan." Abu Abdillah al-Qurasyi berkata: "Kepercayaan berarti meninggalkan setiap daerah berlindung kecuali Tuhan." Al-Junaid berkata: "Hakikat tawakal adalah, bahwa seseorang harus menjadi milik Tuhan dengan carayang tidak pernah dialami sebelumnya, dan bahwa Tuhan harus menjadi miliknya dengan cara yang tidak pernah dialami-Nya sebelumnya."
d.  Menurut Imam Al-Ghazali, tawakal yaitu pengendalan hati kepada Tuhan Yang Maha Pelindung alasannya yaitu segala sesuatu tidak keluar dari ilmu dan kekuasaan-Nya, sedangkan selain Allah tidak sanggup membahayakan dan tidak sanggup memberinya manfaat.
e.  Menurut Muhammad bin Hasan asy-Syarif, tawakal yaitu orang yang mengetahui bahwa hanya Allah penanggung rizkinya dan urusannya. Oleh alasannya yaitu itu ia bersandar kepada-Nya semata-mata dan tidak bertawakal kepada selain-Nya.
f.  Menurut TM. Hasbi Ash-Shiddieqy, tawakal yaitu menyerahkan diri kepada Allah dan berpegang teguh kepada-Nya.

Dari beberapa definisi di atas, sanggup diambil kesimpulan, bahwa tawakal yaitu penyerahan segala perkara, ikhtiar, dan perjuangan yang dilakukan kepada Allah Swt serta berserah diri sepenuhnya kepada-Nya untuk mendapat kemaslahatan atau menolak kemadaratan.

Related

Agama 1858871696821538316

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item