Yang Dimaksud Pengertian Mencar Ilmu Dan Pembelajaran

Pengertian Belajar Menurut Sugihartono dkk berguru merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam  wujud perubahan ti...

A+ A-

Pengertian Belajar

Menurut Sugihartono dkk berguru merupakan suatu proses memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam  wujud perubahan tingkah laris dan kemampuan bereaksi yang  relatif permanen
atau menetap sebab adanya interaksi individu dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan Watson berguru yakni proses iteraksi antara stimulus dan respon, namun stimulus dan respon yang dimaksud harus berbentuk tingkah laris yang sanggup diamati (observabel). Adapun berdasarkan Azhar Arsyad (2006: 1) berguru yakni suatu proses yang kompleks yang terjadi pada diri setiap orang sepanjang hidupnya. Berdasarkan pendapat dari beberapa jago di atas sanggup disimpulkan bahwa pengertian belajar yakni perjuangan yang berlangsung seumur hidup untuk memperoleh perubahan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laris yang menyangkut kemampuan kognitif, keterampilan (psikomotor) dan nilai atau sikap (afektif).

Sedangkan Interaksi yang terjadi selama proses berguru tersebut salah satunya dipengaruhi oleh lingkungannya, antara lain terdiri atas murid, guru, petugas perpustakaan, kepala sekolah,  materi atau materi pelajaran (buku, modul, handout, selebaran, majalah, rekaman video atau audio, dan yang sejenisnya), dan banyak sekali sumber berguru serta akomodasi (proyektor  overhead, perekam pita audio, radio, televisi, komputer, perpustakaan, laboratorium, sentra sumber belajar, dan lain-lain) (Azhar Arsyad, 2005: 1). Sementara itu berdasarkan Muhibbin Syah (2008: 116) ciri-ciri perubahan tingkah laris dalam pengertian berguru yakni sebagai berikut:
a. Perubahan interaksional
b. Perubahan faktual dan aktif
c. Perubahan efektif dan fungsional


Sedangkan berdasarkan Sugihartono dkk (2007: 74) tidak  semua tingkah laris dikatagorikan sebagai acara belajar. Adapun tingkah laris yang dikatagorikan sebagai sikap berguru mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a. Perubahan tingkah laris terjadi secara sadar
b. Perubahan bersifat kontinu dan fungsional
c. Perubahan bersifat faktual dan aktif
d. Perubahan bersifat permanen
e. Perubahan dalam berguru bertujuan dan terarah
f. Perubahan meliputi seluruh aspek tingkah laku

Pengertian Pembelajaran

Menurut Sugihartono dkk (2007: 81) Pembelajaran merupakan suatu upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk memberikan ilmu pengetahuan, mengorganisasikan dan membuat sistem lingkungan dengan banyak sekali metode sehingga penerima didik sanggup melaksanakan kegiatan berguru secara efektif dan efisien serta dengan hasil optimal. Sedangkan berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (2012) pembelajaran yakni proses, cara, perbuatan menimbulkan orang atau makhluk hidup belajar. Sementara itu berdasarkan Nana Sayodih (2012: 318) pembelajaran yakni upaya guru membuat situasi  biar siswa belajar, meliputi penggunaan banyak sekali metode dan media pembelajaran.

Berdasarkan definisi-definisi dari para jago di atas sanggup disimpulkan definisi pembelajaran yakni suatu perjuangan atau proses yang dilakukan secara sengaja untuk membuat dan melaksanakan kegiatan berguru sehingga tercapai tujuan yang diinginkan.

Sementara itu, proses pembelajaran meliputi tiga komponen yaitu  input, proses, dan  output. Contoh  input menyerupai kemampuan yang dimiliki oleh penerima didik, materi pelajaran dan alat atau media yang digunakan. Contoh proses antara lain taktik pembelajaran, penggunaan media pembelajaran. Sedangkan  outputadalah hasil dari proses pembelajaran. Pendidik dalam proses pembelajaran tentunya pendidik mempunyai teknik atau cara tertentu, baik itu penyampaian materinya atau media yang digunakan.

Related

Pendidikan 1955161759862501189

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item