Turorial Berguru Listrik - Menghitung Persen Impedansi Sebuah Transformator

Persentase Impedansi (Z%) - Biasanya Persentase Impedansi pada sebuah trafo diinformasikan pada nameplate trafo tersebut - tapi apa bergoto...

A+ A-
Persentase Impedansi (Z%) - Biasanya Persentase Impedansi pada sebuah trafo diinformasikan pada nameplate trafo tersebut - tapi apa bergotong-royong Persentase Impedansi (Z%) dan angka yang menyatakan nilai besarnya  Z% berarti apa ?

Dari definisinya Persentase impedansi (Z%) sebuah transformator yaitu menyatakan penurunan tegangan (volt) sebuah transformator pada dikala beban penuh dikarenakan besar atau kecilnya tahanan belitan (resistance winding) yang membentuk trafo itu sendiri serta juga oleh kebocoran reaktansi dan nilai percentase impedansi ini dinyatakan sebagai persentase terhadap tegangan.

Persentase impedansi (Z%) juga merupakan persentase dari tegangan terminal yang terjadi terhadap tegangan nominal yang diharapkan untuk mengedarkan arus beban penuh dalam kondisi relasi singkat (Short circuit).




Cara Mengukur Percentase Impedansi (Z%)
Percentase Impedansi (Z%) diukur dengan memakai tes relasi singkat (Short ciruit) pada sebuah trafo. Dengan salah satu sisi trafo di hubung singkatkan, tegangan pada frekuensi pengenal diterapkan ke sisi yang lain menyerupai gambar di bawah:

Persentase impedansi lalu sanggup dihitung sebagai berikut:

Z% = (Impedansi Tegangan/Nilai Tegangan) x 100


Pengaruh Tinggi dan Rendah impedansi
Impedansi transformator mempunyai dampak besar pada tingkatan gangguan pada sistem. Hal ini memilih nilai maksimum arus yang akan mengalir di bawah kondisi gangguan.

Sebagai contoh, untuk menghitung arus maksimum yang sanggup timbul pada sebuah transformator ketika terjadi gangguan simetris. Sebagai contoh, ketika sebuah transformator dengan kapasitas 2 MVA mempunyai nilai persentase impedansi sebesar 5%. Maka tingkat kesalahan maksimum yang sanggup terjadi pada sisi sekunder adalah:

                    2 MVA x 100/5 = 40 MVA

dan dari angka diatas, arus kesalahan pada sisi primer dan sisi sekunder sanggup dihitung.

Dari pola diatas, sanggup disimpulkan Ssbuah transformator dengan impedansi rendah akan menjadikan tingkat kesalahan yang lebih tinggi (dan sebaliknya)

Angka yang diperoleh diatas yaitu angka maksimal yang sanggup timbul ketika gangguan terjadi pada sebuah transformator.adalah maksimal. Dalam prakteknya, tingkat gangguan yang bergotong-royong akan berkurang alasannya faktor faktor tertentu, menyerupai impedansi sumber, impedansi dari kabel dan susukan udara antara trafo dan kesalahan, dan lain lain.


Related

Transformator-Trafo 5124869940617741716

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item