Turorial Mencar Ilmu Listrik - Arus Korelasi Singkat (Short-Circuit Current) Pada Jaringan

Semua instalasi listrik tanpa pengecualian harus terlindung dari kekerabatan listrik arus pendek (hubungan singkat). Arus short circuit (hu...

A+ A-
Semua instalasi listrik tanpa pengecualian harus terlindung dari kekerabatan listrik arus pendek (hubungan singkat). Arus short circuit (hubungan singkat) pada suatu jaringan harus dihitung pada setiap tingkat untuk banyak sekali konfigurasi yang mungkin terdapat dalam jaringan tersebut dalam rangka memilih karakteristik peralatan yang harus dipenuhi dalam menahan insiden short circuit yang mungkin timbul.
Dalam hal memilih karakteristik peralatan dan pengarturan perlindungan pda suatu jaringan , ada tiga hal menenai nilai kekerabatan singkat (short circuit) yang mesti diperhatikan, yaitu sbb :

1. Arus kekerabatan singkat minimum (Minimal Short Circuit Current),
Isc = kA (rms) ------------------------------------ teladan : 25 kA rms
Penentuan nilai ini berafiliasi dengan insiden kekerabatan singkat diujung suatu jaringan (arah kebeban). Dengan mengetahui nilai kekerabatan singkat (Isc) maka sanggup membantu kita dalam memilih kareakterisitk ketahanan alat dan pengaturan besarnya nilai perlindungan untuk kejadian short circuit.



2. Arus kekerabatan singkat maksimum (rms value of maximal short-circuit current)
Ith = (kA rms. 1 s or 3 s) ------------------------------------ teladan : 25 kA rms 1s
Hal ini terkait dengan kekerabatan singkat yang terjadi pada bab input terminal peralatan switching. Ini didefinisikan dalam kA untuk 1 atau 3 detik (s), dan dipakai untuk memilih karakteristik keta hanan peralatan terhadap kenaikan temparatur tanggapan hubngan singkat tersebut.

3. Nilai puncak kekerabatan singkat maksimum (peak value of the maximum short-circuit current)
Idyn = (kA peak)
Contoh : 2.5 • 25 kA = 63.75 kA peak untuk standar IEC 60 056 atau,
2.7 • 25 kA = 67.5 kA peak untuk standar ANSI
Nilai ini merupakan nilai breaking capacity dan closing capacity suatu peralatan switching dan merupakan karakteristik peralatan untuk ketahanan terhadap elektrodinamik.

Standar yang berlaku untuk Idyn yaitu :
 -  2.5 • Isc at 50 Hz (IEC)
 -  2.6 • Isc at 60 Hz (IEC)
 -  2.7 • Isc (ANSI)




 

Related

short-circuit 887798744732438521

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item