Yang Dimaksud Pengertian Akuntansi

Akuntansi ialah seni dari pencatatan, penggolongan dan peringkasan daripada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya ...

A+ A-
Akuntansi ialah seni dari pencatatan, penggolongan dan peringkasan daripada peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya sebagian bersifat keuangan dengan cara setepat-tepatnya dan dengan petunjuk atau dinyatakan dalam uang, serta penafsiran terhadap hal-hal yang timbul daripadanya. Akuntansi ialah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan isu ekonomi biar memungkinkan adanya evaluasi dan keputusan yang terang dan tegas bagi mereka yang memakai isu tersebut.

Akuntansi dari sudut proses ialah kegiatan pencatatan, penyortiran, penggolongan, peringkasan dan penyajian transaksi keuangan perusahaan dengan suatu sistem yang diakui. Akuntansi dari sudut ilmu ialah Akunting, berarti keseluruhan pengetahuan yang bersangkutan dengan fungsi menghasilkan 
informasi keuangan suatu perusahaan yang diharapkan oleh pihak yang berkepentingan guna dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan.

Akuntansi ialah pengukuran, penjabaran, atau proteksi kepastian mengenai isu yang akan membantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk menciptakan alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan forum pemerintah. Akuntansi ialah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan acara keuangan. Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis".
Akuntansi
Menurut Ismail, akuntansi sanggup diartikan sebagai seni dalam melaksanakan pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran, yang mana hasil alhasil tercipta sebuah isu seluruh acara keuangan perusahaan. Tujuan akuntansi yang digambarkan dalam laporan keuangan ialah untuk memperlihatkan isu yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan para pemakai.

American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) dalam Harahap, akuntansi ialah seni pencatatan, penggolongan, dan pengiktisaran dengan cara tertentu  dan dengan ukuran  moneter,  transaksi  dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan dan termasuk menafsirkan hasilnya.

American Accounting Asosiation (AAA) yang dikutip dalam Soemarmo mengidentifikasikan akuntansi sebagai proses mengindentifikasi, mengukur, dan melaporkan isu ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaiandan keputusan yang terang dan tegas bagi mereka yang memakai isu tersebut. Definisi ini mengandung dua pengertian, yakni:
1.  Kegiatan Akuntansi
Bahwa kegiatan akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan isu ekonomi.
2.  Kegunaan Akuntansi
Bahwa isu ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan mempunyai kegunaan dalam evaluasi dan pengambilan keputusan mengenai kesatuan perjuangan yang bersangkutan.

Dari beberapa pengertian akuntansi di atas, sanggup disimpulkan bahwa akuntansi ialah sebagai  alat  ukur  yang  memberikan  informasi  umumnya  dalam  ukuran uang mengenai suatu tubuh ekonomi yang mempunyai kegunaan bagi pihak-pihak intern maupun ekstern perusahaan dalam mengambil keputusan.

Related

pengertian 4811993783985707965

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item