Yang Dimaksud Pengertian Puisi

Secara etimologis istilah puisi berasal dari bahasa Yunani poites, yang artinya membangun, pembentuk, pembuat. Dalam bahasa latin dari kata ...

A+ A-
Secara etimologis istilah puisi berasal dari bahasa Yunani poites, yang artinya membangun, pembentuk, pembuat. Dalam bahasa latin dari kata poeta, yang artinya membangun, menyebabkan, menimbulkan, dan menyair. Dalam perkembangan selanjutnya, maka kata tersebut menyempit menjadi hasil seni sastra yang kata-katanya disusun berdasarkan syarat tertentu dengan memakai irama, sajak dan kadang kala kata kiasan.

Puisi yaitu susunan kata-kata yang dipilih dan dirangkai untuk menjadikan efek dan daya sentuh, tentunya dengan maksud yang lebih luas. Kata-kata atau lebih luas lagi bahasa, bergotong-royong mempunyai kekuatan- kekuatan, daya pukau, dan daya sentuh yang luar biasa. Kekuatan-kekuatan inilah yang dieksplorasi penyair untuk mengungkapkan maksud dan gagasannya supaya sanggup menyentuh perasaan, imajinasi, dan pikiran pembacanya. Dengan pemilihan kata-kata, dengan penggunaan majas, dengan eksplorasi bunyi, dengan penggambaran-penggambaran yang seolah sanggup diindera pembaca, dengan susunan struktur dan kata-kata yang menjadikan irama dan tempo yang dikehendaki, dan dengan banyak sekali potensi-potensi atau kekuatan-kekuatan bahasa lainnya. Puisi merupakan hasil penafsiran penyair terhadap kehidupan.

Pendapat lain juga dikemukakan oleh Kosasih, puisi yaitu bentuk karya sastra yang memakai kata-kata indah dan kaya makna. Keindahan sebuah puisi disebabkan oleh diksi, majas, rima dan irama yang terkandung dalam karya sastra itu. Adapun kekayaan makna yang terkandung dalam puisi disebabkan oleh pemadatan segala unsur bahasa. Bahasa yang dipakai dalam puisi berbeda dengan yang dipakai sehari-hari. Puisi memakai bahasa yang ringkas, namun maknanya sangat kaya. Kata-kata yang digunakannya yaitu kata-kata konotatif yang mengandung banyak penafsiran dan pengertian.

Puisisalah satu bentuk karya sastra yang pendek dan singkat yang berisi ungkapan isi hati, pikiran, dan perasaan pengarang yang padat yang dituangkan dengan memanfaatkan segala daya bahasa secara pekat, kreatif, dan imajinatif. Secara bebas sanggup dikatakan bahwa puisi yaitu karangan yang singkat, padat, pekat.

Puisi merupakan karya sastra yang terikat ketentuan atau syarat tertentu dan pengungkapannya tidak terperinci, tidak mendetail atau tidak meluas. Isinya tidak hingga pada hal-hal  yang kecil dan tidak sejelas karya sastra berbentuk prosa. Karya sastra puisi merupakan bentuk karya sastra yang mengungkapkan hal-hal yang pokok dan pengungkapannya dengan cara pengonsentrasian, pemusatan dan pemadatan. Pengonsentrasian, pemusatan, dan pemadatan dari segi isi maupun dari segi bahasa.Dari segi isi, pemusatan yaitu pengungkapan berpusat pada dilema yang pokok saja. Pemadatannya yaitu bentuk yang berupa larik-larik tetapi sanggup meliputi insiden yang sangat luas dan sangat mendalam. Sedangkan, pengonsentrasiannya yaitu insiden tidak pribadi diungkapkan tetapi adanya pemilihan kembali pada insiden yang akan diungkapkan. Dari segi bahasa terdapat pula penghematan, pemadatan, dan pengonsentrasian serta  pemusatan. Penghematan bahasa dalam arti penggunaan kata yang sangat mendukung atau sangat sempurna untuk digunakan. Pemadatan bahasa dalam arti penggunaan kata tertentu dan terbatas sanggup mewakili insiden yang luas dan mendalam. Sedangkan, pengonsentrasian dan pemusatan bahasa yaitu adanya pertimbangan yang sangat masuk dalam memakai atau menentukan kata.

Puisi merupakan salah satu karya sastra yang memakai bahasa imajinatif. Ciri khas puisi lantaran kekuatan puisi terletak pada kat-katanya.  Puisi sering juga memakai lambang-lambang untuk menambah kepuitisannya dan memakai banyak sekali macam majas. Menurut  Herman J. Waluyo ,
menyatakan bahwa puisi yaitu karya sastra dengan bahasa yang dipadatkan, dipersingkat, dan diberi rima dengan suara yang padu dan pemilihan kata-kata kias (imajinatif).

Puisi yaitu lisan yang faktual dan yang bersifat artistik dan pikiran insan dalam bahasa emosional dan berirama. Puisi yaitu lisan dari pengalaman yang bersifat imajinatif, yang hanya bernilai serta berlaku dalam ucapan atau menyatakan yang bersifat kemasyarakatan yang diutarakan dengan bahasa yang memanfaatkan setiap ihwal dengan matang dan sempurna guna.

Dari beberapa pendapat tersebut, penulis mengacu pada pendapat Suroto yang menyatakan bahwa puisi yaitu salah satu bentuk karya sastra yang pendek dan singkat yang berisi ungkapan isi hati, pikiran, dan perasaan pengarang yang padat yang dituangkan dengan memanfaatkan segala daya bahasa secara pekat, kreatif, dan imajinatif.

Related

pengertian 8704293159040893322

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item