Yang Dimaksud Pengertian Bank Syariah

Pengertian Bank Syariah - pengertian bank syariah atau bank Islam ialah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Ba...

A+ A-
Pengertian Bank Syariah - pengertian bank syariah atau bank Islam ialah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah maksudnya ialah bank yang dalam beroperasinya itu mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam, khususnya yang menyangkut tata carabermuamalah secara Islam.

Landasan aturan bank syariah di Indonesia yaitu Undang-Undang nomor 21 tahun 2008 ihwal Perbankan Syariah. Didalam Undang-Undang Perbankan Syariah pasal 1 pengertian bank syariah, bank umum syariah, bank pembiayaan rakyat syariah, unit perjuangan syariah ialah sebagai berikut: Bank Syariah ialah Bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan Prinsip Syariah dan berdasarkan jenisnya terdiri atas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Bank Umum Syariah ialah Bank Syariah yang dalam kegiatannya menawarkan jasa dalam kemudian lintas pembayaran. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah ialah Bank Syariah yang dalam kegiatannya tidak menawarkan jasa dalam kemudian lintas pembayaran. Unit Usaha Syariah, yang selanjutnya disebut UUS, ialah unit kerja dari kantor sentra Bank Umum Konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor atau unit yang melakukan kegiatan perjuangan berdasarkan Prinsip Syariah, atau unit kerja di kantor cabang dari suatu Bank yang berkedudukan di luar negeri yang melakukan kegiatan perjuangan secara konvensional yang berfungsi sebagai kantor induk dari kantor cabang pembantu syariah dan/atau unit syariah.
Bank Syariah

Sedangkan yang dimaksud dengan prinsip syariah dijelaskan pada pasal 1 butir 12 Undang-Undang tersebut, yaitu Prinsip Syariah ialah prinsip aturan Islam dalam kegiatan perbankan berdasarkan aliran yang dikeluarkan oleh forum yang mempunyai kewenangan dalam penetapan aliran dibidang syariah.

Prinsip utama bank syariah terdiri dari larangan atas riba pada semua jenis transaksi; pelaksanaan acara bisnis atas dasar kesetaraan (equality),  keadilan (fairness) dan keterbukaan (transparency);
pembentukan kemitraan yang saling menguntungkan; serta tentu saja laba yang didapat harus dari perjuangan dengan cara yang halal. Selain itu, ada satu ciri yang khas yaitu bank syariah harus mengeluarkan dan mengadministrasikan zakat guna membantu membuatkan lingkungan masyarakatnya sesuai dengan prinsip syariah.

Walaupun demikian, sama menyerupai bisnis entity lainnya, bank syariah tentu dibutuhkan sanggup menghasilkan laba dalam operasionalnya. Jika tidak, tentu bank syariah disebut tidak amanah dalam mengelola dana-dana yang diinvestasikan masyarakat. Maka bank syariah harus menyelaraskan antara tujuan profit dengan aspek moralitas Islam yang melandasi semua operasionalnya.

Related

pengertian 3586972630616027336

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item