Yang Dimaksud Pengertian Experiential Marketing
Pengertian Experiential marketing - Dewasa ini persaingan produk dan jasa semakin ketat. Banyak perusahaan yang bergerak pada level...

https://tutorialcarapintar.blogspot.com/2019/02/yang-dimaksud-pengertian-experiential.html
Pelanggan tidak hanya dimotivasi oleh pemikiran rasional dalam pengambilan keputusan pembelian, tetapi juga dipengaruhi oleh emosi karena pelanggan ingin mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.
Dimensi Experiential Marketing
Adapun dimensi dari Experiential Marketing yaitu sebagai berikut:
1) Sense
Sense adalah usaha penciptaan suatu pengalaman yang berkaitan dengan panca indera melalui penglihatan, suara, sentuhan,rasa, dan bau. Sense marketing digunakan untuk membedakanperusahaan dan produk, memotivasi pelanggan, serta memberikannilai tambah bagi produk. Kunci sukses dalam menciptakanpengalaman panca indera (sense) yaitu dengan menjamin konsistensi dan membuat keragaman.
2) Feel

Dimensi Experiential Marketing
Adapun dimensi dari Experiential Marketing yaitu sebagai berikut:
1) Sense
Sense adalah usaha penciptaan suatu pengalaman yang berkaitan dengan panca indera melalui penglihatan, suara, sentuhan,rasa, dan bau. Sense marketing digunakan untuk membedakanperusahaan dan produk, memotivasi pelanggan, serta memberikannilai tambah bagi produk. Kunci sukses dalam menciptakanpengalaman panca indera (sense) yaitu dengan menjamin konsistensi dan membuat keragaman.
2) Feel
Perusahaan menggunakan strategi feel experience untuk mengatakan imbas merek kepada pelanggan melalui komunikasi (iklan), iklan yang bersifat feel good dipakai merangsan emosional pelanggan dengan produk atau jasa dan mengatakan stimulus kepada pelanggan untuk bereaksi terhadap iklan atau pesan tersebut, produk (identitas, kemasan, dan isi), lingkungan, web-sites, atau orang-orang yang menawarkan produk. Feel experience pada tingkat yang lebih tinggi adalah affective experience yang menggerakkan stimulus emotion dan moods.
3) Think
Think membuat pelanggan melaksanakan interaksi secara creative dan cognitive. Tujuan dari strategi think adalah untuk mendorong pelanggan sehingga tertarik dan berpikir secara kreatif.
4) Act
Act experience didesain untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berafiliasi dengan badan secara fisik, pada sikap dan gaya hidup jangka panjang serta pengalaman-pengalaman yang terjadi sebagai hasil dari interaksi dengan orang lain.
5) Relate
Relate experience bertujuan untuk menghubungkan pelanggan tersebut dengan budaya dan lingkungan sosial (masyarakat). Relate ditujukan untuk membentuk self improvement, status socio economic, dan image.
3) Think
Think membuat pelanggan melaksanakan interaksi secara creative dan cognitive. Tujuan dari strategi think adalah untuk mendorong pelanggan sehingga tertarik dan berpikir secara kreatif.
4) Act
Act experience didesain untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang berafiliasi dengan badan secara fisik, pada sikap dan gaya hidup jangka panjang serta pengalaman-pengalaman yang terjadi sebagai hasil dari interaksi dengan orang lain.
5) Relate
Relate experience bertujuan untuk menghubungkan pelanggan tersebut dengan budaya dan lingkungan sosial (masyarakat). Relate ditujukan untuk membentuk self improvement, status socio economic, dan image.