Yang Dimaksud Pengertian Experiential Marketing

Pengertian Experiential marketing - Dewasa  ini  persaingan  produk dan jasa  semakin ketat.  Banyak perusahaan  yang  bergerak  pada  level...

A+ A-
Pengertian Experiential marketing - Dewasa  ini  persaingan  produk dan jasa  semakin ketat.  Banyak perusahaan  yang  bergerak  pada  level  baru  untuk  menciptakan  nilaipelanggan. Perusahaan membuat dan mengelola costumer experiencepada produk atau perusahaan dengan tujuan untuk membuat perbedaandari  pesaingnya.  Schmitt menuturkan bahwa experience yaitu pengalaman dari insiden pribadiyang terjadi sebagai jawaban atas beberapa stimulus atau ransangan.

Pengertian experiential marketing  menurut Schmitt yaitu  cara  untuk  menciptakan  pengalaman  yang  akan  dirasakan  oleh pelanggan  ketika  menggunakan produk atau jasa melalui panca indera(sense),  pengalaman  afektif  (feel),  pengalaman  berpikir  secara  kreatif (think), pengalaman pelanggan yang berafiliasi dengan badan secarafisik,  dengan  perilaku  dan  gaya  hidup,  serta  dengan  pengalaman-pengalaman  sebagai  hasil  dari  interaksi  dengan  orang  lain  (act),  juga membuat pengalaman  yang terhubung  dengan  keadaan sosial, gaya hidup,  dan  budaya  yang  dapat  merefleksikan  merek  tersebut  yang merupakan  pengembangan  dari  sense,  feel,  think,  dan  act  (relate). Experiential marketing yaitu pengembangan dari taktik pemasaran tradisional, perkembangan experiential marketing dipengaruhioleh  faktor  teknologi  informasi  dan  komunikasi.

Perbedaan  antara  pemasaran  tradisional  dan  pemasaran  berbasis experiential dideskripsikan melalui karakteristik utama dari experiential marketing yang disesuaikan dari pendapat Schmitt sebagai berikut.
1)  Fokus pada pengalaman pelanggan
Pengalaman terjadi dikala seseorang berjumpa dengan suatu situasi.  Pengalaman  merupakan  stimulasi  terhadap  panca  indera, perasaan, dan pikiran seseorang. Maka, pengalaman mengatakan nilai sensorik,  emosional,  kognitif,  perilaku,  dan  relasional  yang menggantikan nilai fungsional.
2)  Situasi konsumsi sebagai pengalaman Holistik
Fokus pada produk apa yang sesuai dengan situasi konsumsen serta  bagaimana  produk,  kemasan,  dan  media  komunikasi  dapatmeningkatkan  pengalaman  pelanggan.  Sehingga  dapat  disimpulkan bahwa periode pasca pembelian merupakan hal yang terpenting dalam experiential marketing.
3)  Memahami pendorong rasional dan emosional pelanggan
Pelanggan  tidak  hanya  dimotivasi  oleh  pemikiran  rasional dalam pengambilan keputusan pembelian, tetapi juga dipengaruhi oleh emosi  karena  pelanggan  ingin  mendapatkan  pengalaman  yang menyenangkan.


Dimensi Experiential Marketing
Adapun dimensi dari Experiential Marketing yaitu sebagai berikut:
1)  Sense
Sense  adalah  usaha  penciptaan  suatu  pengalaman  yang berkaitan dengan panca indera melalui penglihatan, suara, sentuhan,rasa,  dan  bau.  Sense  marketing  digunakan  untuk  membedakanperusahaan  dan  produk,  memotivasi  pelanggan,  serta  memberikannilai  tambah  bagi  produk.  Kunci  sukses  dalam  menciptakanpengalaman panca indera (sense) yaitu dengan menjamin konsistensi dan membuat keragaman.
2)  Feel
Perusahaan  menggunakan  strategi  feel  experience  untuk mengatakan imbas merek kepada pelanggan melalui komunikasi (iklan), iklan yang bersifat feel good dipakai merangsan emosional pelanggan dengan produk atau jasa dan mengatakan stimulus kepada pelanggan untuk bereaksi terhadap iklan atau pesan tersebut, produk (identitas, kemasan, dan isi), lingkungan, web-sites, atau orang-orang yang  menawarkan  produk.  Feel  experience  pada tingkat  yang  lebih  tinggi  adalah  affective  experience  yang menggerakkan stimulus emotion dan moods.
3)  Think
Think membuat pelanggan melaksanakan interaksi secara creative dan  cognitive.  Tujuan  dari  strategi  think  adalah  untuk  mendorong pelanggan  sehingga  tertarik  dan  berpikir  secara  kreatif.
4)  Act
Act  experience  didesain  untuk  menciptakan  pengalaman pelanggan yang berafiliasi dengan badan secara fisik, pada sikap dan gaya hidup jangka panjang serta pengalaman-pengalaman yang terjadi sebagai hasil dari interaksi dengan orang lain.
5)  Relate
Relate experience bertujuan untuk menghubungkan pelanggan tersebut dengan budaya dan lingkungan sosial (masyarakat). Relate ditujukan untuk membentuk self improvement, status socio economic, dan image.

Related

pengertian 157000882551560883

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item