Yang Dimaksud Pengertian Iklim Organisasi

Pengertian Iklim Organisasi - Menurut Davis, iklim organisasi ialah lingkungan dimana para pegawai organisasi melaksanakan pekerjaan mereka....

A+ A-
Pengertian Iklim Organisasi - Menurut Davis, iklim organisasi ialah lingkungan dimana para pegawai organisasi melaksanakan pekerjaan mereka. Iklim organisasi sebagai sistem yang dinamis dipengaruhi oleh hampir semua hal yang terjadi dalam suatu organisasi. Kaprikornus iklim organisasi merupakan konsep sistem yang mencerminkan keseluruhan gaya hidup organisasi. Karena iklim organisasi mencerminkan gaya hidup maka secara otomatis iklim organisasi akan mempengaruhi keseluruhan acara organisasi termasuk sikap anggotanya.

Pendapat Larsen dalam Pidarta memandang iklim sebagai norma-norma harapan-harapan dan kepercayaan personalia suatu organisasi yang menguasai perilakunya dalam melaksanakantugas. Renota Tagiuri yang dikutip oleh Owens menyatakan bahwa iklim organisasi sekolah ialah karakteristik dari keseluruhan lingkungan sekolah yang meliputi: lingkungan fisik (ecology), lingkungan sosial (milieu), sistem sosial (social system) dan budaya (culture).

Lingkungan fisik memberikan pada sarana fisik dan alat-alat yang dipakai meliputi: (1) lingkungan mencar ilmu siswa, (2) keadaan guru, (3) keadaan ruang perpustakaan, (4) kebersihan lingkungan (5) keadaan lingkungan sekolah, ketersediaan kawasan istirahat siswa (6) ketersediaan ruang belajar. Lingkungan sosial ialah suasana kerja antara gurudengan kepala sekolah, guru dengan guru dan interaksi antar sekolah dengan masyarakat berupa: (1) hubungan kepala sekolah dengan guru, (2) perlakuan  kepala sekolah terhadap guru, (3) penghargaan kepala sekolah dengan guru, (4) kerjasama antara guru dengan guru, (5) kerjasama antara guru dengan orang renta siswa, (6) kerjasama antara komite sekolah dengan personel, dan (7) kerjasama antara masyarakat dengan personel sekolah.

Organisasi

Pendapat lain memandang iklim organisasi (Organization Climate) sebagai suatu keadaan yang sanggup mempengaruhi sikap dan susila kerja individu dalam organisasi (De Roche, E.F. 1985). Iklim organisasi berdasarkan Payne dan Pugh (dalam Steers, 1985: 123) diberi makna sebagai sikap, nilai, norma dan perasaan yang lazim dimiliki para pekerja sehubungan dengan organisasi.

Pendapat ini lebih menekankan kepada aspek non fisik daripada aspek fisik.

Dari beberapa teori tersebut sepertinya banyak kecenderungan melihat iklim fisik cenderung statis dan gampang diubahsuaikan atau diatur sedangkan nonfisik lebih dinamis dan lebih sulit pengaturannya.

Macam macam Iklim Organisasi Sekolah dan Karakteristiknya

Halpin dan B. Croft dalam The Organization Climate of school menyatakan ada enam iklim organisasi yang menjadi kecenderungan iklim di sekolah, yaitu:
1.  Iklim terbuka
Sekolah dengan iklim terbuka berarti ada kolaborasi dan saling menghormati antara kepala sekolah, guru dan karyawan. Semangat kerja guru dan karyawan tinggi. Kepala sekolah mau mendengarkan saran dariguru, menghargai profesional guru dan memperhatikan kebutuhan guru, sehingga guru merasa diperhatikan dan guru merasa puas. Tanggung jawab dalam perjuangan mencapai tujuan, dirasakan bersama. Tujuan organisasi biasanya juga dirumuskan bersama.

2.  Iklim bebas
Sekolah dengan iklim bebas, kepala sekolah sedikit atau jarang melaksanakan pengawasan, semangat kerja muncul alasannya ialah hanya untuk memenuhi kepuasan pribadi. Guru dan karyawan merasa hidup bebas.

3.  Iklim terkontrol
Iklim kontrol berarti kepala sekolah sangat mementingkan tugas, sementara kebutuhan guru tidak diperhatikan. Anggota kelompok (guru dan karyawan) hanya memperhatikan kiprah yang diberikan atasan alasannya ialah takut. Pada iklim terkontrol ini semangat kerja tampak tinggi meski terpaksa, dan kebutuhan manusiawinya kurang.

4.  Iklim familiar atau kekeluargaan
Sekolah dengan sistem kekeluargaan ini sangat bersifat manusiawi dan tidak terkontrol. Anggota kelompok ingin memenuhi kebutuhan langsung tetapi kurang perhatian pada penyelesaian kiprah dan kontrol sosial. Semangat kerja kelompok tidak begitu tinggi, alasannya ialah kelompok menerima kepuasan yang sedikit dalam penyelesaian tugas-tugas.

5.  Iklim kebapakan (Paternal Climate)
Sekolah dengan iklim kebapakan, kurang menghargai inisiatif bawahan dan berusaha menekan bawahan. Bawahan memperoleh sedikit kepuasan baik bertahan dengan kiprah maupun kebutuhan langsung yang hasilnya berakibat semangat kerja kelompok akan rendah. Hampir dalam segala hal tergantung kepada atasan.

6.  Iklim tertutup
Sekolah dengan iklim tertutup berarti kepala sekolah menekankan pekerjaan rutin guru dan karyawan bersifat masa bodoh dan hirau tak acuh, semangat kerja kelompok rendah. Guru tidak merasa puas, guru frustasi, apati dan selalu curiga mereka kurang menghormati atasan.

Peran Iklim Organisasi Dalam Mengembangkan Kreativitas

Iklim organisasi yang menyenangkan dibutuhkan oleh semua organisasi termasuk organisasi sekolah biar anggota organisasi merasa nyaman dan bersemangat dalam melaksanakan tugas. Perkembangan kreativitas dalam organisasi termasuk kreativitas guru dipengaruhi banyak faktor, salah satu diantaranya ialah iklim organisasi. Iklim organisasi yang aman tentu akan merangsang berkembangnya kreativitas guru.

Davis mengemukakan, ada beberapa unsur yang turut membentuk iklim yang menyenangkan, yaitu 1) kadar kepercayaan, 2) komunikasi ke atas dan ke bawah, 3) perasaan melaksanakan pekerjaan yang bermanfaat, 4) tanggung jawab, 5) imbalan yang adil, 6) tekanan pekerjaan yang wajar, 7) kesempatan, 8) pengendalian, struktur dan birokrasi yang nalar, 9) keterlibatan pegawai dan keikutsertaan.

Menurut Walton dalam Kossen  faktor-faktor yang mempengaruhi karyawan dalam membuat iklim kerja yang bermutu adalah:
1.  Kompensasi yang memadai dan wajar.
2.  Kondisi kerja yang aman dan sehat.
3.  Kesempatan untuk memakai dan berbagi kemampuan manusia.
4.  Kesempatan untuk pertumbuhan berlanjut.
5.  Rasa ikut mempunyai
6.  Hak dan karyawan.
7.  Ruang kehidupan kerja .
8.  Relefansi sosial dan kehidupan kerja.

Untuk membuat iklim kerja yangkondusif Berry menyarankan beberapa cara sebagai berikut :
1.  Setiap individu harus tahu di mana posisi kedudukan atau kawasan departemennya.
2.  Saling pengertian antar pemimpin dan bawahan wacana apa yang diharapkan.
3.  Pegawai harus diberi semangat untuk menyuarakan pendapat dan mengajukan gagasan dan perjuangan kepada pimpinan.
4.  Pememberian kiprah kepada anggotanyabersifat merasa tertantang.
5.  Pegawai harus diberi kesempatan untuk maju.
6.  Pendelegasian kiprah dan tanggung jawab.

Tjetjep Rohindi Rohidi beropini bahwa pandangan yang mengabaikan asal ajakan fatwa dan lebih fokus pada bagaimana sanggup mengatasi tantangan zaman dan problem secara  efektif dan efisien, lebih memberi keleluasaan bagi berkembangnya kreativitas. Lingkungan yang menunjang berkembangnya kreativitas perlu diusahakan dalam proses pendidikan.

Bakat kreatif guru akan berkembang kalau ada pertolongan dari lingkungan, sebaliknya talenta guru akan terhambat kalau iklim sekolah tidak menunjang. Suasana yang dibutuhkan sanggup mendorong kreativitas dasarankan oleh Gary K. Himes antara lain:
1.  Hubungan yang baik antara atasan-bawahan. diupayakan membangun suasana yang mendorong perubahan dan gagasan baru. Pendekatan individu dan ratifikasi atas gagasannya serta penghargaan khusus perlu diberikan bila telah berhak didapatkan.
2.  Keterbukaan komunikasi. Berikan arus info dan jalan masuk data secara terang dan bebas.
3.  Dukungan serta kolaborasi yang aktif. Ciptakan mekanisme yang pasti, adil dan konsisten daritiap gagasan, akomodasikanmasukan atau saran dari anggota. Kumpulkan anggota yang mempunyai keterampilan dan pengalaman untuk membangun adonan kreativitas.
4.  Perhatian dan penghargaan kepada karyawan yang sangat kreatif. Jika memungkinkan pisahkan sebagian orang kreatif dari tekanan pekerjaan harian, berikan pertolongan dan kebutuhannya. Berikan kesempatan belajar, bekerja dan memberikan gagasan sesuai keinginan mereka.
5.  Ada kebebasan beropini serta menghindari kritik-kritik premature. Hindarkan ketidak sabaran dan sifat pesimis serta putus asa. Lindungi orang kreatif dari tekanan
6.  Adanya waktu untuk berpikir. Berikan waktu luang untuk berpikir, hilangkan hambatan dan keterlibatan terus menerus dalam setiap masalah.
7.  Gaya administrasi kendali longgar. Berikan otonomi dan kebebasan dalam acara kerja, tetap ada kendali pimpinan namun keterlibatan dan kiprah mereka lebih diutamakan. Seperti mengemudikan kapalyang tidak dikendalikan dengan ketat.

Menurut Kimball Wiles, dalam Sahertian, dinyatakan bahwa yang diinginkan guru-guru dan denganbekerja ialah sebagai berikut:
1.  Rasa aman dalam hidup layak.
2.  Kondisi kerja yang menyenangkan.
3.  Rasa diikutsertakan.
4.  Perlakuan yang wajar.
5.  Rasa bisa melaksanakan tugas.
6.  Pengakuan dan penghargaan.
7.  Ikut ambil bab dalam pembentukan policysekolah.
8.  Kesempatan untuk mempertahankan self respect.

Berdasarkan beberapa teori di atas sanggup dirumuskan bahwa yang dimaksud iklim organisasi dalam penelitian ini ialah suatu kondisi atau keadaan (terutama non fisik) yang ada di dalam sekolah yang sanggup mempengaruhi sikap dan susila kerja warga sekolah. Iklim  organisasi yang dibutuhkan sanggup mendorong kreativitas guru, merujuk pendapat Gary K. Himes sanggup dilihat dari indikator sebagai berikut:
1.  Hubungan yang baik antara atasan-bawahan. Diupayakan membangun suasana yang mendorong perubahan dan gagasan baru. Pendekatan individu dan ratifikasi atas gagasannya serta penghargaan khusus perlu diberikan bila telah berhak didapatkan.
2.  Keterbukaan komunikasi. Berikan arus info dan jalan masuk data secara terang dan bebas.
3.  Dukungan serta kolaborasi yang aktif. Ciptakan mekanisme yang pasti, adil dan konsisten daritiap gagasan,akomodasikan masukan atau saran dari anggota. Kumpulkan anggota yang mempunyai keterampilan dan pengalaman untuk membangun adonan kreativitas.
4.  Perhatian dan penghargaan kepada karyawan yang sangat kreatif. Jika memungkinkan pisahkan sebagian orang kreatif dari tekanan pekerjaan harian, berikan pertolongan dan kebutuhannya. Berikan kesempatan belajar, bekerja dan memberikan gagasan sesuai keinginan mereka.
5.  Ada kebebasan beropini serta menghindari kritik-kritik premature. Hindarkan ketidak sabaran dan sifat pesimis serta putus asa. Lindungi orang kreatif dari tekanan
6.  Adanya waktu untuk berpikir. Berikan waktu luang untuk berpikir, hilangkan hambatan dan keterlibatan terus menerus dalam setiap masalah.
7.  Gaya administrasi kendali longgar. Berikan otonomi dan kebebasan dalam acara kerja, tetap ada kendali pimpinan namun keterlibatan dan kiprah mereka lebih diutamakan. Seperti mengemudikan kapal yang tidak dikendalikan dengan ketat.

Related

pengertian 4549693108309404145

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item