Yang Dimaksud Pengertian Integrasi

Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti keseluruhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses pembiasaan di antara...

A+ A-
Integrasi berasal dari bahasa inggris “integration” yang berarti keseluruhan. Integrasi sosial dimaknai sebagai proses pembiasaan di antara unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan referensi kehidupan masyarakat yang memilki keserasian fungsi. Istilah integrasi nasional berasal dari dua kata yaitu integrasi dan nasional. Istilah integrasi mempunyai arti pembauran atau penyatuan dari unsur yang berbeda sehingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Istilah nasional mempunyai pengertian kebangsaan, bersifat bangsa sendiri, mencakup suatu bangsa ibarat impian nasional, tarian nasional, perusahaan nasional.

Proses integrasi sendiri melalui beberapa tahapan diantaranya: Integrasi interpersonal yaitu taraf ketergantungan antar pribadi, Integrasi sosial yaitu taraf ketergantungan antara unsur-unsur sosial ekonomi, dan Integrasi budaya yaitu ketergantungan fungsional dari unsur-unsur kebudayaan.

Dalam kamus Sosiologi, Soekanto mengartikan integrasi sebagai pengendalian terhadap konflik dan penyimpangan dalam suatu sistem sosial. Istilah Integrasi berasal dari kata latin Integrare yang berarti memberi kawasan dalam suatu keseluruhan, dari kata kerja itu dibuat kata benda integritas yang mempunyai arti keutuhan atau kebulatan yang diambil dari kata yang sama yakni yang dibuat kata sifat integer yang berarti utuh maka, istilah integrasi berarti menciptakan unsur-unsur tertentu menjadi
satu kesatuan yang bundar dan utuh.

Integrasi

Landecker membedakan tipe-tipe integrasi menjadi empat yakni: Integrasi budaya atau konsisten diantara standar budaya, Integrasi normatif atau konsistensi antara standar budaya dan tingkah laris masyarakat, Integrasi komunikatif atau adanya jaringan komunikasi yang sesuai dengan sistem sosial, Integrasi fungsional atau tingkatan yang disana ada hubungan kebebasan di antara unit-unit dari sistem pembagian tenaga kerja.


Sehingga integrasi mempunyai makna dibangunnya interdepensi yang lebih dekat antara bagian-bagian dari anggota dalam masyarakat atau organisme hidup atau dengan kata lain integrasi yakni proses mempersatukan masyarakat yang cenderung membuatnya menjadi suatu kata serasi yang didasarkan pada tatanan anggota-anggotanya dianggap sama harmonisnya.

Related

Psikologi 4967943173674630149

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item