Yang Dimaksud Pengertian Layanan Informasi

Dalam menjalani kehidupan dan perkembangan diri, individu memerlukan banyak sekali isu baik untuk keperluan kehidupannya sehari-hari, sekar...

A+ A-
Dalam menjalani kehidupan dan perkembangan diri, individu memerlukan banyak sekali isu baik untuk keperluan kehidupannya sehari-hari, sekarang, maupun untuk perencanaan kehidupannya kedepan. Individu bisa mengalami dilema dalam kehidupannya di masa depan, alasannya tidak mengusai dan tidak bisa mengakses informasi.

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian layanan isu diantaranya sebagai berikut :
Menurut Jogiyanto HM, Informasi secara umum definisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berkhasiat dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian–kejadian (event) yang kasatmata (fact) yang dipakai untuk pengambilan keputusan.
Sedangkan layanan isu yaitu layanan yang menawarkan isu yang dibutuhkan oleh individu. Informasi yang diperoleh individu sangat diharapkan semoga individu lebih gampang dalam menciptakan perencanaan dan mengambil keputusan.

Pengertian layanan isu berdasarkan pendapat Yusuf Gunawan yaitu layanan yang membantu siswa untuk menciptakan keputusan yang bebas dan bijaksana. Informasi tersebut harus valid dan sanggup dipakai oleh siswa untuk menciptakan banyak sekali keputusan dalam kehidupan mereka.

Sedangkan berdasarkan Tohirin mengungkapkan bahwa Layanan isu merupakan layanan yang berupaya memenuhi kekurangan individu akan isu yang mereka perlukan. Layanan isu juga bermakna usaha-usaha untuk membekali siswa dengan pengetahuan serta pemahaman ihwal lingkungan hidupnya dan ihwal proses perkembangan anak muda.

Slameto mengungkapkan Layanan isu yaitu layanan yang diberikan untuk menawarkan banyak sekali keterangan, data, dan fakta ihwal dunia luar (dunia pendidikan dan dunia kerja) kepada siswa dengan maksud semoga ia memiliki pemahaman yang betul tentag dunia sekitarnya. Pemahaman ini selanjutnya penting untuk mengambil keputusan atau memilih pilihan.

Layanan Informasi
Sedangkan Prayitno & Erman Amti menjelaskan bahwa Layanan isu yaitu kegiatan menawarkan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan ihwal banyak sekali hal yang diharapkan untuk menjalani suatu kiprah atau kegiatan, atau untuk memilih arah suatu tujuan atau planning yang dikehendaki. Dengan demikian, layanan isu itu pertama-tama merupakan perwujudan dari fungsi pemahaman dalam bimbingan dan konseling.

Berkaitan dengan hal diatas Budi Purwoko mengungkapkan bahwa Penyajian isu dalam rangka kegiatan bimbingan ialah kegiatan membantu siswa dalam mengenali lingkungannya, terutama ihwal kesempatan-kesempatan yang ada didalamnya, yang sanggup dimanfaatkan siswa baik untuk masa kini maupun masa yang akan datang.

 Winkel & SriHastuti juga menjelaskan bahwa Layanan Informasi yaitu perjuangan untuk membekali para siswa dengan pengetahuan ihwal data dan fakta dibidang pendidikan sekolah, bidang pekerjaan dan bidang perkembangan pribadi-sosial,  supaya mereka dengan berguru ihwal lingkungan hidupnya lebih bisa mengatur dan merencanakan kehidupannya sendiri.

Namun, mengingat luasnya informasi  yang tersedia arif balig cukup akal ini, mereka harus mengetahui pula isu manakah yang relevan untuk mereka dan mana yang tidak relevan, serta isu macam apa yang  menyangkut data dan fakta yang tidak berubah dan yang sanggup berubah dengan beredarnya roda waktu.

Dari banyak sekali pengertian ihwal layanan isu yang telah dikemukakan diatas dapatlah diartikan sebagai salah satu kegiatan bimbingan konseling yang bisa meliputi kegiatan lainnya. Karena layanan ini menawarkan banyak sekali informasi, baik isu pribadi, sosial, karier maupun belajar. Hal ini secara tidak pribadi sanggup menuntaskan dilema yang dialami siswa secara keseluruhan. Layanan ini sanggup menambah wawasan siswa, mengenali dirinya (konsep diri) dan bisa menata masa depannya sebaik mungkin.

                               

Related

pengertian 8801198132315937351

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item