Yang Dimaksud Pengertian Kebugaran Jasmani

Semua bentuk kegiatan insan selalu memerlukan proteksi fisik, problem kemampuan fisik merupakan faktor dasar bagi setiap aktifitas manusia. ...

A+ A-
Semua bentuk kegiatan insan selalu memerlukan proteksi fisik, problem kemampuan fisik merupakan faktor dasar bagi setiap aktifitas manusia. Maka untuk melaksanakan setiap aktifitas sehari-hari, minimal harus mempunyai kemampuan fisik yang selalu mendukung aktifitas tersebut.

Dalam menjalankan kehidupan sehari-hari setiap orang tidak akan lepas dari kebugaran jasmani, sebab kebugaran jasmani merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menjalankan  kehidupan sehari-hari. Kebugaran jasmani terkait dekat dengan keadaan kesehatan seseorang. Definisi sehat berdasarkan organisasi kesehatan dunia adalah, “health is a state of physical, mental and social well being and not merely the absence of disease or infirmity”. Selanjutnya juga dalam menyatakan, “health is a relative state in which one is able to function wellpsychologicall, mentally, socially and spiritually in order to express  the full range of one’s unique potentialities within the environment in which one is living.

Berdasarkan  definisi di atas, maka salah satu indikator seseorang dikatakan sehat ialah mempunyai kebugaran jasmani yang baik. Berkaitan dengan pengertian  kebugaran jasmani, Kusmaedi mengungkapkan, kebugaran jasmani ialah kemampuan tubuh seseorang untuk melaksanakan kiprah dan  pekerjaan sehari-hari tanpa menjadikan  kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih mempunyai simpanan tenaga untuk mengatasi beban tambahan.

Senada dengan  pendapat tersebut, Giriwijoyo mengungkapkan, kebugaran jasmani ialah keadaan kemampuan jasmani yang sanggup menyesuaikan fungsi alat alat tubuhnya terhadap kiprah jasmani tertentu atau terhadap keadaan lingkungan yang harus diatasi dengan cara yang efisien, tanpa kelelahan yang berlebihan  dan telah  pulih tepat sebelum tiba kiprah yang sama pada esok harinya.

Sedangkan berdasarkan Presiden‟t Council N Physical Fitness And Sport mengartikan “kebugaran jasmani sebagai  kemampuan untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan penuh vitalitas dan kewaspadaan tanpa mengalami kelelahan yang berarti  dan masih cukup energi untuk bersantai  pada waktu luang dan menghadapi hal-hal yang sifatnya darurat.”
Kebugaran jasmani

Karpovich mengungkapkan bahwa physical fitness (kebugaran jasmani) berarti memenuhi beberapa syarat atau sanggup mengatasi beberapa syarat fisik”. Ini dikarenakan fisik bersifat anatomis dan fisiologis sehingga timbul 2 istilah yaitu anatomical (struktural) fitness dan phsyiollogisial fitness. Anatomical fitness ialah bekerjasama dengan persyaratan-persyaratan yang bersangkutan dengan ukuran berat badan, kelengkapan sruktural anatomi. Sedangkan physiollogisal fitness ialah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi-fungsi alat tertentu. Disamping itu psychological fitness, yaitu ketika seseorang mempunyai emosi stabil, daya persepsi, motivasi, dan  pendidikan yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas.

Menurut Suroto, kebugaran jasmani merupakan  kemampuan atau kesanggupan seseorang untuk melaksanakan acara atau kegiatan dengan daya kerja tinggi tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. Senada dengan pendapat tersebut, Sigit  Nugroho, mengemukakan bahwa “kebugaran jasmani ialah  kemampuan tubuh seseorang untuk melaksanakan kiprah pekerjaannya sehari-hari tanpa menjadikan kelelahan yang berarti dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu luang serta untuk keperluan mendadak.”

Pembinaan  kebugaran jasmani sangat besar lengan berkuasa bagi siswa guna menunjang proses pembelajaran di sekolah, serta acara fisik lain diluar sekolah. Berdasarkan  beberapa pendapat diatas sanggup disimpulkan  bahwa kebugaran jasmani ialah kualitas kemampuan tubuh seseorang untuk melaksanakan acara sehari-hari tanpa mengalami suatu kelelahan yang berlebihan  dan masih sanggup menikmati waktu luang serta selalu siap untuk melaksanakan acara fisik lainnya. Dalam acara sehari-hari, kebugaran jasmani menggambarkan keadaan tubuh seseorang selain bisa mengerjakan pekerjaan rutin harian juga masih sanggup melaksanakan acara fisik lainnya.

Kebugaran jasmani mempunyai fungsi  pengemban  kesanggupan  kerja bagi siapapun, sehingga sanggup menuntaskan kiprah  pekerjaannya dengan baik dengan tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Adapun fungsi  dari kebugaran jasmani sanggup digolongkan sebagai berikut :
1. Golongan yang dihubungkan dengan pekerjaan
a. Kebugaran jasmani bagi olahragawan dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi.
b. Kebugaran jasmani bagi karyawan dibutuhkan untuk meningkatkan efisien dan produktivitas kerja.
c. Kebugaran Jasmani bagi pelajar dan mahasiswa jasmani bagi anak untuk meningkatkan prestasi dan mempertinggi kemampuan hasil belajar.

2. Golongan yang dihubungkan dengan keadaannya.
a. Kebugaran jasmani bagi penderita cacat untuk rehabilitasi.
b. Kebugaran jasmani bagi ibu hamil untuk perkembangan bayi dalam kandungan mempersiapkan diri menghadapi dikala persalinan.

3. Golongan yang dihubungkan dengan usia
a. Kebugaran jasmani bagi anak untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan yang baik.
b. Kebugaran jasmani bagi orang renta untuk mempertahankan kondisi fisik terhadap serangan penyakit.


Related

Umum 8614314540652410341

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item