Yang Dimaksud Pengertian Turnaround

Istilah Turnaround (putar haluan) yaitu istilah yang banyak digunakan dalam change management untuk memperbaiki perusahaan, atau institusi y...

A+ A-
Istilah Turnaround (putar haluan) yaitu istilah yang banyak digunakan dalam change management untuk memperbaiki perusahaan, atau institusi yang sedang sakit. Tetapi belakangan ini konsep turnaround juga digunakan oleh badan-badan dunia sebagai istilah untuk menyelamatkan pengembalian pertolongan yang telah diberikan kepada negara-negara berkembang. Mereka bahkan sangat terlibat dalam kampanye-kampanye politik untk melahirkan pemimpin yang pro-perubahan pada negara-negara tersebut dan mendorong untuk segera melaksanakan turnaround, baik di tingkat pemerintahan birokrasi maupun badan-badan perjuangan yang dikuasai oleh negara. Dengan demikian, konsep turnaround akan banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari: Dalam kehidupan bernegara, berpolitik, berbisnis, memimpin perusahaan, dan sebagainya.

Istilah turnaround di sini digunakan untuk menjelaskan taktik yang sanggup digunakan oleh pemimpin perubahan yang menghadapi banyak kendala, namun ia masih punya cukup waktu dan masih ada resources yang memadai untuk mencari solusi.

Turndaround berdasarkan Robby Djohan artinya membuang yang jelek-jelek dengan melaksanakan perubahan yang mendasar. Kepemimpinan dan administrasi diubah. Proses operasionalnya diubah. Pendekatan pasar diubah. Tujuannya biar nilai pasarnya meningkat.

Turn Around
Dengan demikian, kondisi perusahaan, institusi, atau negara tidak sedang berada pada tahapan kebangrkutan (crisis), tidak bisa membayar utang, atau tengah menghadapi bahaya liuidasi. Malainkan berada dalam tahap kritis, namun masih punya ruang untuk bergerak, khususnya dalam memingkatkan efisiensi dan memperbaiki posisi daya saing. Garuda Indonesia pada tahun 1997 misalnya, menghadapi situasi yang sangat sulit dan mudah nyaris bangkrut. Saat iu ia harus dikelola dengan crisis management. Tetapi berkat keuletan CEO-nya ketika itu, Robby Djohan, Garuda bisa segera diselamatkan dan beberapa bulan kemudian, bantu-membantu dengan Abdul Gani, mereka melaksanakan turnaround. Mreka mengembalikan aset-aset yang tidak produktif kepada para pemasok, menjualnya dan mengurangi/menutup rute-rute perjalanan yang merugi, memindahkan karyawan pada perusahaan lain yang dibuat bersama PT. Angkasa Pura untuk menangani penumpang di bandara (yaitu PT. Gapura) dan memperbaiki sistem kerja biar lebih efisien dan lincah bergerak.

Selanjutnya, mari kita lihat teladan pada level pmerintahan. Di indonesia pasca pemerintahan Order Baru sungguh menulitkan. Pengangguran dan kemiskinan merajalela, sementara invstasi gres yang signifikan tidak datang-datang. Untuk mempeerbaiki perekonomian negara membutuhkan sumber penerimaan yang memadai. Salah satu andalannya yaitu pajak. Bagi direktur yang tidak paham change mangement, situasi ini sering tidak sanggup dipahami. Mereka terus berupaya meningkatkan penerimaan pajak dengan memburu wajib-wajib pajak gres dan menuntut pembayaran pajak yang lebih progresif serta mengencangkan taktik pemasaran. Padahal, indonesia masih punya ruang terak yang cukup besar untuk memperbaiki perekonomiannya. Menurut cara pandang konsep turnaround, meningkatkan penerimaan pajak pada ketika daya beli sedang melemah bukanlah cara yang bijak, cara yang amat dianjurkan yaitu menerapkan change management birokrasi pemerintahan biar lebih efisien dalam melaksanakan pengeluaran. Termasuk dalam kegiatan ini kampanye anti korupsi dan pembentukan pemerintahan yang trnasparan, akuntabel dan ahli.


Related

pengertian 555267653509432190

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item