Yang Dimaksud Pengertian Kepuasan Pelanggan

Variabel penting dalam mencapai tujuan perusahaan ialah kepuasan pencapaian  profitabilitas  jangka  panjang.  Membangung  kepuasan  pelangg...

A+ A-
Variabel penting dalam mencapai tujuan perusahaan ialah kepuasan pencapaian  profitabilitas  jangka  panjang.  Membangung  kepuasan  pelanggan  merupakan  inti  dari Kepuasan pelanggan sanggup menjadi dasar menuju terwujudnya pelanggan yang loyal.

Oliver  dalam  Anderson  dan  Srinivasan  mendefinisikan kepuasan (satisfaction) sebagai suatu kondisi psikologis yang dirasakan saat cita-cita pasca penggunaan terpenuhi. Kepuasan pelanggan ialah tingkat dimana persepsi kualitas sebuah produk sesuai dengan cita-cita pelanggan.

Menurut Yazid apabila harapannya tinggi sementara unjuk kerjanya biasa-biasa saja, kepuasan tidak akan tercapai (sangat mungkin pelanggan akan merasa kecewa). Sebaliknya apabila unjuk kerja melebihi dari yang diharapkan, kepuasan menigkat. Karena cita-cita yang dimilikipelanggan  cenderung  selalu  meningkat  sejalan  dengan  meningkatnya pengalaman pelanggan,  para  manajer harus  memonitor  kemampuannya untuk memenuhi kepuasan pelanggan yang semakin tinggi. Begitu juga berdasarkan Kotler dan Amstrong bila kualitas produk dibawah cita-cita pelanggan maka konsmen tidak puas. Jika kualitas produk sesuai dengan cita-cita pelanggan maka pelanggan puas. Jika kualitas produk melebihi  harapan  maka  pelanggan  sangat  puas.  Kepuasan  pelanggan berdasarkan  Oliver  bisa  diukur  menggunakan  attitude,  intention, satisfaction, dan disconfirmation dari pelanggan. pelanggan.

Kepuasan Pelanggan

Konsep kepuasan pelanggan
Secara  konseptual,  kepuasan pelanggan sanggup digambarkan  sebagai berikut.

Interaksi pada pasar dimulai oleh pelanggan semenjak pelanggan mempunyai kebutuhan dan keinginan akan barang dan jasa. Kebutuhan yang dimiliki oleh pelanggan mendorong produsen yaitu perusahaan untuk menyediakan barang  dan  jasa  tersebut.  Sejalan  dengan  munculnya  kebutuhan  dan keinginan, kemudian muncul harapan-harapan mengenai barang dan jasa yang nantinya akan beliau terima dari produsen. Tujuan perusahaan ialah memberi  kepuasan  pada  pelanggan  melalui  produk  yang  ditawarkan, produk yang mempunyai nilai lebih akan memberi kepuasan lebih juga bagi pelanggan. Nilai produk sanggup dipenuhi melalui peningkatan kegunaan  produk.  Hal  inilah  yang  menjadi  dasar  bagi  suatu  produsen  atau perusahaan  untuk  memenuhi  kebutuhan  dan  harapan  pelanggan  akan barang dan jasa sehingga tercapai kepuasan pelanggan.

Loyalitas  pelanggan  sangat  penting  bagi  perusahaan  untuk kelangsungan  hidup perusahaan  tersebut.  Tingkat  loyalitas  yang tinggi pada suatu produk ialah salah satu dari aset yang paling besar yang sanggup dipunyai  sebuah  perusahaan.  Upaya  mempertahankan  pelanggan  harus menerima  prioritas  yang lebih  besar  dibandingkan  upaya  mendapatkan pelanggan  baru.  Alasannya,  umumnya  lebih  mudah  dan  murah  untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada daripada menarik pelanggan baru. Loyalitas  menurut  Oliver  dalam  Kotler  dan  Keller  adalah janji untuk membeli kembali atau mendukung kembali produk atau jasa yang disukai dimasa yang akan datang. Milligan dan Smith dalam Obonyo  menuturkan bahwa  loyalitas  memiliki  3  dimensi  yaitubehavioral,  attitudinal,  dan  cognitive.  Behavioral  loyalty  diukur berdasarkan  frekuensi pembelian  dari produk dan servis yang diberikan oleh perusahaan, attitudinal loyalty diukur berdasarkan pembelian ulang yang dilakukan oleh pelanggan, dan cognitive loyalty diukur berdasarkan ajaran  pelanggan  terhadap  produk.  Griffin  mendefinisikan  loyalitas pelanggan ialah seseorang yang melaksanakan aktifitas membeli barang atau jasa yang memenuhi kriteria sebagai berikut.
1.  Melakukan pembelian ulang secara berkala
2.  Membeli produk lain yang ditawarkan produsen yang sama.
3.  Merekomendasikan produk atau jasa tersebut kepada orang lain.

Dari  uraian  di  atas  dapat  disimpulkan  bahwa kepuasan pelanggan akan berlanjut kepada loyalitas  pelanggan  adalah kesetiaan seseorang pada suatu barang atau jasa tertentu dan pelanggan yang sudah loyal pada suatu produk akan menunjukkan laba yang berlipat  ganda  pada  perusahaan.  Komitmen  yang  diberikan  pelanggan pada produk tersebut menciptakan kelebihan yang diberikan pesaing tidak menjadi hal yang bisa merubah pendapatnya mengenai produk tersebut. Selain itu pelanggan yang loyal akan menjadi duta promosi secara tidak eksklusif kepada pelanggan lain.

Related

pengertian 3150476663776861022

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item