Yang Dimaksud Pengertian Khalwat

Pengertian Khalwat  - Khalwat jama’nya khalawat secara etimologi yaitu daerah yang sunyi, atau tersembunyi sedangakan berdasarkan terminolog...

A+ A-
Pengertian Khalwat  - Khalwat jama’nya khalawat secara etimologi yaitu daerah yang sunyi, atau tersembunyi sedangakan berdasarkan terminologi  tasawuf khalwat dilihat secara  dzohirdan  batin.  Khalwat zahirialah apabila seseorang mengambil keputusan untuk memisahkan dirinya daripada dunia, memencilkan dirinya di dalam satu ruangan yang terpisah daripada orang ramai biar insan dan makhluk di dalam dunia selamat  daripada kelakuan dan kewujudannya yang tidak diingini. Dia juga berharap pengasingan itu akan mendidik egonya.

Pada dasarnya  khalwat dengan  uzlah yaitu sama yaitu meniadakan atau pemutusan hubungan dengan masyarakat untuk  bermunajat, bertafakurkepada Allah, akan tetapi perbedannya adalah  khalwat  bersifat lebih sederhana yaitu menyendiri di tempatyang sepi (misalanya sendiri di dalam kamar dan  berdzikir  kepada Allah) sedangkan  uzlah    lebih membutukan tindakan yang lebih extrim (misalnya meninggalkan rumah pergi ke perbukitan atau pegunungan yang belum pernah di lewati), ada juga yang menyampaikan bahwa sifatnya  uzlahadalah  khalwat,  uzlahadalah pemutusan hubungan dengan masyrakat jika sudah menetapkan hubungan dengan masyarakat secara otomatis kondisinya menjadi sendiri dan menyendiri.

Ilustrasi Khalwat

Dalam Ensiklopedi islam, khalwat diartikan menyendiri pada satu daerah tertentu, jauh dari keramaian dan orang banyak, selama beberapa waku untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ibrahim Baisyni menyampaikan bahwa  khalawat merupakan salah satu bentuk  riyadhah yang paling efektif dan dicintai oleh para  shufi, alasannya yaitu dengan  khalwat akan sanggup memfokuskan arah jiwa  shufidan ia akan menjadi cermat serta menyiapkan diri untuk memperoleh kesucian dan pencerahan jiwa dan sifatnya juga untuk menyembunyikan amal, alasannya yaitu dengan menyembunyikan amal sanggup terhidar dari sifat takabur,dan riya’,para shufi lebih mengutamakan kerahasiaan amal dari pada amalnya diketahui oleh banyak orang. Karena khalwat dimaksudkan untuk berguru menetapkan hati, melatih jiwa dan hati untuk selaluingat kepada Allah Ta’ala.

Imam al-Gazali beropini bahwa berkhalwatitu meneladani Nabi Muhamad saw yang pernah melakukan  khalwat di gua Hira’ sebelum mendapatkan wahyu.

Khalwat juga menjadi sifatnya orang-orang shufi. Jadi  khalwat  yaitu salah satu cara bagaimana  salik  sanggup lebih akrab dengan  Khaliqnya melalui penyendirian. Hati yang berkhalwatbisa saja dalam keadaan bersama masyrakat karena  khalwatbisa secara bathinyaitu keadaan hati yang selalu menyendiri dari imbas duniawi dan disibukkan bersama Ilahi.

Related

pengertian 993916323565705420

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item