Yang Dimaksud Pengertian Konsumerisme

Pengertian Konsumerisme  - Peter N. Stearns mengungkapkan bahwa kita hidup dalam dunia yang sangat diwarnai konsumerisme. Istilah konsumeris...

A+ A-
Pengertian Konsumerisme  - Peter N. Stearns mengungkapkan bahwa kita hidup dalam dunia yang sangat diwarnai konsumerisme. Istilah konsumerisme, berdasarkan Stearns:.. consumerism is best defined by seeing how it emerged.but

obviously we need some preliminary sense of what we are talking about. Consumerism describes a society in which many people formulate their goals in life partly through acquiring goods that they clearly do not need for subsistence or for traditional display. They become enmeshed in  the process of acquisition shopping and take some of their identity from a posessionof new things that they buy and exhibit. In this society , a host of institutions both encourage and serve consumerism.. from eager shopkeepers trying to lure customers into buying more than they need to produce designer employed toput new twists on established models, to advertisers seeking ti create new needs..”

Konsumerisme, pada masa kini telah menjadi ideologi gres kita. Ideologi tersebut secara aktif memberi  makna  wacana hidup melalui pola  konsumsi material. Bahkan ideologi tersebut mendasari rasionalitas masyarakat kita sekarang, sehingga segala sesuatu yang dipikirkan atau dilakukan diukur dengan perhitungan material. Ideologi tersebut jugalah yang menciptakan orang  tiada lelah bekerja keras mangumpulkan modal untuk bisa melaksanakan konsumsi.

Ideologi konsumerisme, pada  sisi  realitasnya kini telah menyusup  hampir pada segala aspek kehidupan masyarakat, mulai dari aspek politik hingga ke sosial budaya. Menurut Trevor Norris,konsumerisme populer bersifat korosif dalam kehidupan politik dan bahkan menjadi suatu perombak—pendeformasi—kesadaran manusia. Konsumerisme dalam hal ini dipandang sebagai suatu proses dehumanisasi dan depolitisasi manusia,  alasannya para warga negara yang aktif dan kritis telah banyak yang bermetamorfosis konsumen yang sangat sibuk dan kritikus atau peneliti pasif.

Pengertian Konsumerisme

Baudrillard semenjak lebih dari dekade kemudian telah menyadari fenomena konsumsi tersebut dalam masyarakat sehingga kemudian menyatakan,

”..with the advent of consumer society,we are seemingly faced for the first time in history by an irreversible organized attempt to swamp society with objects and integrate it into an indispensable system designed to replace all open interaction between natural forces,needs and techniques.

Beberapa disiplin ilmu telah menganalisa konsumerisme dan masyarakat konsumen. Topik ini bahkan menjadi fokus perhatian dalam studi sosiologi semenjak tahun 1980an. Terdapat perdebatan yang luas menyangkut munculnya masyarakat konsumen.

Beberapa ilmuwan menyebut beberapa poin tertentu yang berkaitan dengan munculnya kapitalisme modern seiring dengan revolusi industri. Asal mula konsumerisme dikaitkan dengan proses industrialisasi pada awal era ke-19. Karl Marx menganalisa buruh dan kondisi-kondisi material dari proses produksi. Menurutnya, kesadaran insan ditentukan oleh kepemilikan alat-alat produksi. Prioritas ditentukan oleh produksi sehingga aspek lain dalam korelasi antar manusia—kesadaran, kebudayaan dan politik—dikatakan dikonstruksikan oleh kekerabatan ekonomi.

Kapitalisme yang dikemukakan Marx yaitu suatu cara produksi yang dipremiskan oleh kepemilikan langsung sarana produksi. Kapitalisme bertujuan untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya dan dilakukannya untuk  mengisap nilai surplus dari pekerja. Tujuan kapitalisme yaitu meraih keuntungan sebesar-besarnya, terutama dengan mengeksploitasi pekerja. Realisasi nilai surplus dalam bentuk uang diperoleh dengan menjual produk sebagai komoditas.

Komoditas yaitu sesuatu yang  tersedia untuk dijual di pasar. Sedangkan komodifikasi yaitu proses yang diasosiasikan dengan kapitalisme, diamana objek, kualitas dan tanda bermetamorfosis komoditas. Kapitalisme yaitu suatu sistem dinamis dimana prosedur yang didorong oleh keuntungan mengarah pada revolusi yang terus berlanjut atas sarana produksi dan pembentukan pasar baru. Ada indikasi perluasan besar-besaran dalam kapasitas produksi kaum kapitalis. Pembagian kelas yang fundamental dalam kapitalisme yaitu antara mereka yang menguasai sarana  produksi, yaitu kelas borjuis, dengan mereka yang alasannya menjadi kleas proletar tanpa menguasai hak milik, harus menjual tenaga untuk bertahan hidup.

Logika  komoditas dan perwujudan rasionalitas instrumental dalam lingkup produksi tampak faktual dalam lingkup konsumsi. Pencarian waktu bersenang-senang, seni dan budaya tersalur melalui industri budaya. Resepsi wacana realitas diarahkan oleh nilai tukar  –exchange value--karena nilai budaya yang mengalahkan budi proses produksi dan rasionalitas pasar. Selain  itu juga terjadi standarisasi produk-produk budaya untuk memaksimalkan konsumsi.

Dalam fatwa Baudrillard, yaitu bahwa konsumsi membutuhkan manipulasi simbol-simbol secara aktif. Bahkan berdasarkan Baudrillard, yang dikonsumsi bukan lagi  use  atau  exchange  value, melainkan ―symbolic value‖, maksudnya orang tidak lagi mengkonsumsi objek berdasarkan alasannya kegunaan atau nilai tukarnya, melainkan alasannya nilai simbolis yang sifatnya abnormal dan terkonstruksi.

Konsumsi pada era ini diangap sebagai suatu respon  terhadap dorongan homogenisasi  dari mekanisasi dan teknologi. Orang-orang mulai menimbulkan konsumsi sebagai upaya verbal diri yang penting, bahasa umum yang kita guinakan untuk mengkomunikasikan dan menginterpretasi gejala budaya.

Ilmuwan yang  lain  berargumen bahwa konsumerisme merupakan fenomena era 20 yang dihubungkan dengan munculnya komunikasi massa, bertumbuhnya kesejahteraan dan semakin banyaknya perusahaan modern. Konsumerisme menjadi sarana utama pengekspresian diri, partisipasi dan kepemilikan pada suatu masa dimana institusi komunal tradisional, menyerupai keluarga, agama dan negara telah terkikis.

Konsumerisme juga terjadi seiring dengan meningkatnya ketertarikan masyarakat terhadap perubahan dan inovasi, sebagai respon terhadap pengulangan  yang sangat cepat dari hal-hal yang usang atau pencarian terhadap hal yang baru: produk baru, pengalaman gres dan gambaran baru. Apa yang penting dari analisa ini yaitu adanya perubahan sedikit demi sedikit pada era ke 20 dari sentralitas produksi barang-barang menjadi kepentingan politis dan budaya dari produksi kebutuhan.

Pandangan semiotika Baudrillard memperlihatkan analisis yang original wacana masyarakat konsumen, dan juga sanggup menjelaskan bagaimana struktur komunikasi dan sistem tanda bisa mempertahankan eksistensi masyarakat konsumen tersebut. Analisa Baudrillard wacana masyarakat konsumsi disarikan melalui analisa dari disiplin semiotika, psikoanalisa dan ekonomi politik dalam produksi tanda. Menurut Baudrillard, sistem komunikasi berperan sangat penting dalam masyarakat konsumen, terutama menyangkut produksi tanda.

Douglas Kellner menjelaskan, bahwa berdasarkan Baudrillard, Modernisme berkaitan dengan proses produksi objek, sedangkan posmodernisme concern terhadap simulasi dan produksi tanda.

”Modernity thus centered on the production of things—commodities and products, while postmodernity is characterized by radical semiurgy, by a proliferation of signs.

Sependapat dengan rekan-rekan pemikir posmodernisme perancis lainnya, Baudrilard juga mengemukakan kritik terhadap teori Marx. Kritisme paling utama dari Baudrillard  terhadap teori Marx mungkin berkenan dengan perubahan dari produksi objek menjadi produksi tanda, dari alat-alat produksi menjadi lat-alat konsumsi atau ―the simultaneous production of the commodity as sign and the sign as commoditty”. Dominasi tidak lagi terjadi dalam bentuk kontrol terhadap alat-alat produksi,  namun dominasi lebih banyak terjadi pada alat-alat konsumsi. Terlebih lagi, dominasi tersebut terjadi pada tingkatan model signifikansi (dulunya model produksi) dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, berdasarkan Baudrillard, masyarakat konsumen tidak lagi digerakan oleh kebutuhan dan tuntutan konsumen, melainkan oleh kapasitas produksi yang sangat besar. Sehingga masalah-masalah yang timbul dalam sistem masyarakat konsumen tersebut tidak lagi berkaitan dengan produksi melainkan dengan pertentangan antara level produktivitas yang lebih tinggi dengan kebutuhan untuk mengatur—baca: mendistribusikan—produk. Oleh alasannya itu, kunci vital dalam sistem kini yaitu mengontrol prosedur produksi sekaligus undangan konsumen sebagai belahan dari sosialisasi yang terjadwal melalui kode-kode

In planned cycle of costumer demand, the new strategic forces, the new structural elements—needs, knowledge, culture, information, sexuality—have all their explosive force defused. In opposition to the competitive system, the monopolistic system institutes consumption as control, as the abolition of the contingency of demand, as planed socialization by code.. Needs lose their  autonomy; they are coded. Consumptionno longer has a value of enjoyment; it is placed under the constraint of theabsolutefinality which is that of production. Production, on the contrary, is no lonegr assigned any finality other than itself. This total reduction of the process to a signle one of it terms.. designates more than an evolution of the capitalist mode: it is a mutation.

Bagi Baudrillard, yang menandai transisi konsumsi tradisional menjadi konsumerisme yaitu pengorganisasian konsumsi ke dalam suatu sistem tanda.

Traditional symbolic goods (tools, furniture, the house itself) were the mediatorsof the real relationshipor a directly experienced situation, and their subject and form bore the clear imprint of theconscious or unconscious dynamic of that relationship. They thus were not arbitrary. .. from the time immemorial people have bought, possesed, enjoyed and spent, but his does not mean that they were consuming. … It is… the organizationof all these things into a signifying fabric : consumption is the virtual totality of allobjects and messages ready constitued as a more or less coherent discourse.. ..to become an object of consumption an object must be a sign.That is to say: it must become external,in a sense, object to the systematic statusof asign implies the simultaneous transformation of the human relationship of consumption….all desires, projects, and demands, all passions and relationships, are now abstracted (or naterialized) as signs and as objects to be bought and consumed.

Masyarakat kini semakin tidak mengidentifikasi diri merka mengikuti pola-pola pengelompokan tradisional, namun cenderung mengikuti produk-produk konsumsi, pesan dan makna yang tersampaikan Berkonsumsi, oleh alasannya itu, dilihat sebagai upaya pernyataan diri, suatu cara untuk bertindak dalam dunia ini, cara pengekspresian identitasseseorang. Konsumsi didorong oleh hasrat untuk menjadi sama dan sekaligus berbeda. 

Karena proses produksi dirasa mengalienasi  ke remaja, oleh kesudahannya kita mencari pemenuhan diri  malalui konsumsi. Lebih lanjut bahwa identitas personal kini berfluktuasi dan tidak lagi begitu terikat dengan tradisi-tradisi yang kaku, konsumsi memperlihatkan kesempatan bagi perkembangan nilai kedirian dan pemupukan identitas diri.

Related

pengertian 2260717124261098866

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item