Yang Dimaksud Pengertian Likuiditas

Pengertian Likuiditas - Menurut John J. Wild mengemukakan bahwa Likuiditas (liquidity) mengacu pada kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewa...

A+ A-
Pengertian Likuiditas - Menurut John J. Wild mengemukakan bahwa Likuiditas (liquidity) mengacu pada kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendeknya.  Perusahaan yang bisa memenuhi atau membayar kewajiban keuangan sempurna pada waktunya disebut likuid, ialah apabila aktiva lancar lebih besar daripada hutang lancar. Sedangkan perusahaan yang tidak bisa memenuhi atau membayar kewajiban keuangan sempurna pada waktunya disebut illikuid.

Untuk menilai posisi keuangan jangka pendek (likuiditas) berikut ini diberikan beberapa rasio yang sanggup dipakai sebagai alat untuk menganalisa dan menginterpretasikan data tersebut.

1.  Rasio Lancar (current ratio)
Current Ratio  merupakan perbandingan antara jumlah aktiva lancar dengan hutang lancar. Rasio ini menawarkan bahwa nilai menawarkan bahwa nilai kekayaan lancar (yang segera sanggup dijadikan uang) ada sekian kalinya hutang jangka pendek.


Current Ratio  ini menawarkan ti ngkat keamanan (margin of safety) kreditor jangka pendek, atau kemampuan  koperasi untuk membayar hutang-hutang tersebut. Current Ratio  yang tinggi menawarkan kelebihan uang kas atau aktiva lancar lainnya dibandingkan dengan yang diharapkan kini atau tingkat likuditas yang rendah daripada aktiva lancar dan sebaliknya.

2.  Cash Ratio
Cash rasio menujukkan korelasi antara perbandingan kas dan setara kas dengan hutang lancar yang dimiliki oleh koperasi. Rasio ini dipakai untuk mengukur kemampuan kas yang sebetulnya untuk memenuhi hutang-hutangnya sempurna pada waktunya.

Related

pengertian 4118505820002442768

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item