Yang Dimaksud Pengertian Perubahan Sosial Dan Bentuk Perubahan Sosial

Perubahan Sosial  - Menurut Harper perubahan sosisal didefinisikan sebagai berikut (perubahan) yang segnifikasi mengenai struktur sosail da...

A+ A-
Perubahan Sosial  - Menurut Harper perubahan sosisal didefinisikan sebagai berikut (perubahan) yang segnifikasi mengenai struktur sosail dalam kurun waktu tertentu, perubahan didalam struktur itu mendukung beberap tipe-tipe perubahan sosial terstruktur sosail yaitu pertama, perubahan dalam personal yang bekerjasama dengan perubhan – perubahan tugas dan individu- individu gres dalam sejarah insan yang berkait dengan kebradaan struktur.

Perubahan dalam hal menyerupai ini disebut gradual (bertahap) dan tidak banyak unsur-unsur maupun unsur yang telah hilang.kedua perubahan dalam cara-cara penggalan terstruktur sosial berhubungan. Perubahan ini contohnya terjadi dalam perubahan alur kerja pegawanegeri pemerintahan masih manual (menggunkan tenaga manusia), maka kini sanggup dilihat bahwa perubahan mengalami perubahn yaitu lebih canggih.ketiga perubahan dalam fungsi stuktur berkaitan dengan apa yang dilakukan masyarakat dan bagaimana masyarakat mengatsinya.

keempat perubahan dalam struktur yang berbedah-bedah forum pendidikan maupun masyarakat industri mempunyai fungsi menyiapkan tenaga kerja untuk keperluan industri.kelima munculnya struktur gres yang sanggup digeser oleh strktur yang usang serta menggantikan perubahan yang gres bermunculan.

Perubahan sosial hanya sebagian ruang lingkup terkjadi pada ruangan tanpa menimbulkan tanggapan besar terhadap unsur lain dari sistem tersebut, namun perubahan mungkin juga meliputi keseluruhan ( atau sekurang-kurangnya hanya pada dasarnya saja) aspek sistem dan menghasilkan perubahan secara menyeluruh dan membuat sistem yang secara fundamental berbedah dengan sistem yang lama. Kingley Davis mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubhan-perubahan yang terjadi di dalam struktur masyarakat, Menurut Iver perubahan sosial merupakan perubhan kekerabatan sosial atau sebagi perubahan terhadap keseimbangan.
Perubahan Sosial

Bentuk Perubahan Sosial
Bentuk perubahan sosial sanggup dibedahkan menjadi dua yaitu pertama perubahan yang cepat dan perubahan yang lambat Perubahan lambat (Evolusi) Perubahan secara lambat atau evolusi memerlukan waktu yang lama. Perubahan ini biasanya merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat. Pada evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa planning atau kehendak tertentu.

Masyarakat hanya berusaha menyesuaikan dengan keperluan, keadaan, dan kondisi gres yang ditimbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat.

1. Perubahan evolusi (lambat) Perkembagan kehidupan kebudayan mulai bentuk yang paling rendah sampai kedalam bentuk yang paling tinggi, contoh tersebut contoh ini ditandai oleh sederetan tingkatan terutama yang berurutan. Lewis tropolog mendefinisikan tingkatan yang berurutan H Morgan – orang yang pertama menerapkan pandangan gres evolusi kebudayaan insan yang mengalami perkembangan sosial- menelusi kebudayaan masing-masing secara berurut mulai dari tingkat kekejaman , kebiadaaban sampai kedalam tingkat perdaban. Perubahan secara lambat atau evolusi memerlukan waktu yang lama. Perubahan ini biasanya merupakan rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat.

Pada garis besarnya teori evolusi membuktikan perkembangan masyarakat sebagi berikutnya pertama teori evolusi menggap bahwa perubahn sosial merupakan gerakan searah menyerupai garis lurus, masyarakat berkembang dari primiti menuju masyarakat maju kedua teori evolusi membaurkan anatara pandanagn sebjektif wacana nilai dan tujuan final perubahan sosial, perubahan menuju bentuk mayarakat modern merupakan sesuatu yang tidak sanggup dihindari ketiga teori evolusi membaurkan anatara pandangan subjektif wacana nilai dan tujuan final perubahan sosial. Perubahan menuju berjalan secara perlahan namun tetap.

Pada evolusi, perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa planning atau kehendak tertentu. Masyarakat hanya berusaha menyesuaikan dengan keperluan, keadaan, dan kondisi gres yang ditimbul sejalan dengan pertumbuhan masyarakat

2. Perubahan Cepat (Revolusi) Perubahan yang berlangsung secara cepat dinamakan dengan revolusi. Di dalam revolusi, perubahan yang terjadi sanggup direncanakan terlebih dahulu maupun tanpa direncanakan. Selain itu sanggup dijalankan tanpa kekerasan maupun dengan kekerasan. Ukuran kecepatan suatu perubahan bahwasanya relative alasannya yaitu revolusi pun sanggup memakan waktu lama.

Perubahan-perubahan tersebut dianggap cepat Karena mengubah sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat, menyerupai sistem kekeluargaan dan kekerabatan antara manusia. Suatu revolusi sanggup juga berlangsung dengan didahului suatu pemberontakan. Secara sosiologis, persyaratan berikut ini harus dipenuhi semoga suatu revolusi sanggup tercapai.

a. Harus ada impian dari masyarakat banyak untuk mengadakan perubahan. Didalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas terhadap keadaan dan harus ada impian untuk mencapai keadaan yang lebih baik.

b. Ada seorang pemimpin atau sekelompok orang yang bisa memimpin masyarakat untuk mengadakan perubahan.

c. Pemimpin harus sanggup menampung impian atau aspirasi dari rakyat untuk lalu merumuskan aspirasi tersebut menjadi suatu aktivitas kerja.

d. Ada tujuan positif yang sanggup dicapai. Artinya, tujuan itu sanggup dilihat oleh masyarakat dan dilengkapi oleh suatu ideology tertentu.

e. Harus ada momentum yang sempurna untuk mengadakan revolusi, yaitu ketika dimana keadaan sudah sempurna dan baik untuk megadakan suatu gerakan.

a. Faktor penyebab perubahan Faktor yang berkontribusi dalam memunculkan perubahan sosial. Faktor tersebut sanggup digolongkan sanggup dibedahkan faktor dalam dan faktor luar Faktor yang berasal dari dalam pertama bertambah dan berkurangnya penduduk pertambahan jumlah penduduk mengakibat pertambahan pemukiman kedua inovasi gres yang berubahan inovasi teknologi sanggup mengubah cara individu berinteraksi dengan orang lain.

Faktor yang berasal dari luar pertama terjadinya musibah atau kondisi lingkungan fisik. Kondisi ini terkadang memaksa masayarakat suatu daera untuk mengungsi meninggalkan tanah kelahiran, kedua peperanagan kejadian peperanagan baik perang saudara maupun peperanagan antarnegara sanggup menimbulkan perubahan baik pihak yang menang dapak memaksa ideologi yang lain ketiga adanya imbas dari pihak yang lain Faktor-faktor tersebut juga sanggup dijelaskan mengenai faktor mendorong dan faktor yang menghambat perubahan sosial, pertama kontak dengan budaya yang lain dengan bertermunya budaya yang lain manusia

juga sanggup saling berinteraksi kedua sistem pendidikan formal yang maju sanggup mengukur tingkat kemajuan masyarakat ketiga perilaku saling menhargai untuk impian ingin maju keempat adanya toleransi untuk kegiatan yang menyimpang kelima sistem stratifikasi yang bersifat terbuka keenam penduduk yang masih bersifat hetrogen.ketujuh ketidak puasan masyarakat terhadap bidang-bidang tertentu sanggup rasanya tidak puas menimbulkan perubahan alasannya yaitu tidak puas ini menimbulkan berupah perlawanan pertentanagan kedelapan adanya orientasi masa depan kondisi yang senantiasa berubah merangsang orang untuk mengikuti dan menuntaskan dengan perubahan kesembilan nilai bahwa insan harus saling berusaha untuk memperbaiki hidupnya.

Faktor yang menimbulkan perubahan sosial pertama kurangnya kekerabatan dengan masyarakat yang lainapabila sebuah masyarakat tidak melakuakn kontak sosial (interaksi ) masyarakat lain maka tidak akan terjadi tukar informas kedua perkembanagan ilmu pengetahuan yang lambat ketiga sifat masyarakat yang snagat tradisional keempat adanaya ketimpanagan yang berpengaruh atau versted interest kelima rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi budaya keenam prasangka terhadap hal-hal ajaib atau hal-hal yang gres ketujuh hambatan- kendala yang bersifat ideologis

Related

Psikologi 7821823260393488252

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item