Yang Dimaksud Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli

Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial, termasuk di dalamnya perubahan-perubahan sosial. Sosiologi merupaka...

A+ A-
Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses sosial, termasuk di dalamnya perubahan-perubahan sosial. Sosiologi merupakan suatu ilmu pengetahuan kemasyarakatan yang kategoris, murni, abstrak, berusaha memberi pengertian-pengertian umum, rasional dan empiris, serta bersifat umum. yakni kaidah- kaidah atau norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok- kelompok, lapisan-lapisan sosial serta kekerabatan timbal balik antara pelbagai segi kehidupan politik, segi kehidupan aturan dengan kehidupan agama, segi kehidupan agama dengan segi kehidupan ekonomi dan sebagainya. Berikut ini beberapa pendapat para hebat mengenai Sosiologi:

1. WR. Ogbum dan M.F. Nimkoff dalam bukunya: A Handbook of Sociology, memberi definisi sebagai berikut; Sociology is the scientific of social life yang artinya Sosiologi ialah studi secara ilmiah terhadap kehidupan sosial.

2. George A. Lunberg dan kawan-kawannya, dalam bukumereka, “Sociology”, Sociology is the social behavior of individual and group yang artinya Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tingkah laris sosial daripada orang-orang atau kelompok.

3. Ginsberg dalam bukunya, The Study of Society, memberi definisi Sociology is the study of society, artinya Sosiologi ialah studi terhadap masyarakat yaitu mempelajari antar agresi dan antar kekerabatan insan serta syarat dan akibatnya.

4. Max Weber beropini bahwa, Sosiologi ialah suatu ilmu yang mencoba untuk memahami dan merangkum suatu tindakan sosial beserta alasannya akibatnya.

5. Cuber dalam bukunya Sociology, A Synopsi of Principles menawarkan batasan, Sosiologi ialah ilmu pengetahuan ihwal kekerabatan timbal balik antara manusia.

6. Bierensdehan dalam bukunya yang berjudul Sociology, Ontwikkeling en Methode memberi batasan: “Sosiologi ialah ilmu ihwal pergaulan hidup”.


7. Kembali Young, sosiologi ialah ilmu yang mempelajari ihwal tingkah laris insan di dalam kelompok.

8. Sorokin dalam bukunya, Culture and Personality mengatakan: Sosiologi mempelajari gejala-gejala sosial kebudayaan dari sudut umum, mempelajari sifat esensial tanda-tanda tersebut, serta kekerabatan antara tanda-tanda itu yang amat banyak.

9. Dr. P.J. Bouman, Sosiologi ialah ilmu ihwal kehidupan insan dalam lingkungan kelompok.

10. Queen & Repke dalam bukunya Living in the Social World mengatakan: Sosiologi ialah suatu ilmu yang mempelajari kehidupan kelompok (social is a study of group life).

11. Prof. Groenman, Sosiologi ialah suatu ilmu yang mempelajari tindakan- tindakan insan dalam perjuangan mengikuti keadaan dalam suatu ikatan. Penyesuaian ini meliputi: 1. Menyesuaikan diri terhadap lingkungan geografi 2. Menyesuaikan diri pada sesama insan 3. Menyesuaikan diri dengan kebudayaan sekelilingnya.

12. Ibnu Chaldun, Sosiologi, ilmu yang mempelajari ihwal masyarakat insan dalam bentuknya yang bermacam-macam, etika dan ciri-ciri terhadap trap-trap bentuk ini dan hukum-hukum yang menguasai perkembangannya.

13. Prof. M.M. Djojodiguna, SH., mendefinisikan Sosiologi ialah ilmu pengetahuan yang bersasaran hidup bermasyarakat, artinya yang diselidiki selaku bendanya ialah hidup bermasyarakat.

14. Spencer, Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari tumbuh berdiri dan kewajiban-kewajiban masyarakat.

15. Roucek and Warren dalam bukunya, Sociology, an Introduction. Sosiologi, ilmu yang mempelajari kekerabatan antara insan dengan kelompok-kelompok. Prof. Dr. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, SH., dalam bukunya “Setangkai Bungan Sosiologi”. Sosiologi (ilmu masyarakat), ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial termasuk perubahan-perubahan sosial.

Struktur sosial, keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yakni kaidah-kaidah atau norma-norma sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Proses sosial, efek timbal balik antara pelbagai segi kehidupan politik, segi kehidupan aturan dengan segi kehidupan agama, segi kehidupan agama dengan segi kehidupan ekonomi dan sebagainya.

Demikianlah uraian mengenai pengertian sosiologi menurut para ahli. Dapat dikatakan bahwa sosiologi ialah ilmu yang berkenaan dengan kehidupan bermasyarakat. Dengan kata lain, ilmu yang mempelajari ihwal kehidupan insan dalam masyarakat. orang sering menyebut ilmu masyarakat.

Related

Psikologi 5817070504158514258

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item