Yang Dimaksud Pengertian Strategi

Pengertian Strategi - Istilah taktik berasal dari kata Yunani "strategos", yaitu jendral  dalam militer.  Satu definisi umum  dala...

A+ A-
Pengertian Strategi - Istilah taktik berasal dari kata Yunani "strategos", yaitu jendral  dalam militer.  Satu definisi umum  dalam kamus yaitu suatu “prosedur untuk mencapai tujuan.  Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, taktik didefinisikan sebagai ilmu dan seni memakai semua sumber daya bangsa-bangsa untuk melakukan budi tertentu dalam perang dan damai.  Dalam  Oxford Pocket Dictionary, taktik didefinisikan sebagai rencana tindakan atau kebijakan dalam bisnis atau politik dan sebagainya. Menurut Djoko Luknantos trategi adalah  “The science and art”  untuk memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal secara terpadu dengan faktor-faktor lingkungan internal untuk mencapai tujuan lembaga.

Kata  strategi  bermakna  rencana yang cermat mengenai acara untuk mencapai target khusus, baik rencana jangka pendek maupun rencana jangka panjang  yang didasarkan pada analisis dan diagnosis lingkungan internal dan eksternal yang selanjutnya memfomulasikan hasil analisis tersebut menjadi sebuah keputusan yang strategis yang merupakan sarana untuk mencapai tujuan akhir.

Ada empat faktor yang memiliki dampak penting pada taktik yaitu: lingkungan eksternal, sumberdaya dan kemampuan internal serta tujuan yang akan dicapai. Intinya, suatu taktik organisasi memperlihatkan dasar-dasar pemahaman wacana bagaimana organisasi itu akan berkembang dan survive.

Menurut H. Igor Anshoff taktik yaitu sebuah rangkaian hukum kompleks yang difokuskan pada analisis lingkungan detail dibutuhkan proses dan keputusan yang tidak bisa dihitung. Dalam Implanting strategic management, Anshoff memperluas konsepnya dengan mengajukan  strategic success.  Paradigma di mana tidak ada formula kesuksesan universal untuk seluruh organisasi atau lembaga.

Strategi

Sedangkan berdasarkan Michael Porter tugas taktik adalah untuk memastikan kekuatan-kekuatan nyata menghadapi organisasi kembali kepada manfaatnya dengan sebuah proses diferensiasi dari persaingan.

Dari banyak sekali definisi diatas sanggup diambil kesimpulan bahwa strategi yaitu cara atau metode terbaik untuk mencapai tujuan atau beberapa target dengan memanfaatkan faktor-faktor lingkungan eksternal secara terpadu dengan faktor-faktor internal. Strategi merupakan istilah yang sering diidentikkan dengan “taktik” yang secara bahasa sanggup diartikan sebagai suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai target yang telah ditentukan. Strategi juga bisa dipahami sebagai segala cara dan daya untuk menghadapi target tertentu dalam kondisi tertentu biar memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal.

Related

Psikologi 2745711342828823057

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item