Yang Dimaksud Pengertian Suluk

Pengertian Suluk - Secara  etimologis, kata  suluk berarti jalan atau cara, sanggup juga diartikan kelakuan atau tingkah laku, sehingka  hu...

A+ A-
Pengertian Suluk - Secara  etimologis, kata  suluk berarti jalan atau cara, sanggup juga diartikan kelakuan atau tingkah laku, sehingka  husnu  al-sulukberarti kelakuan yang baik. Kata  sulukadalah bentuk  masdaryang diturunkan dari bentuk ekspresi "salaka yasluku" yang secara  harfiah mengandung beberapa arti yaitu "Memasuki, melalui jalan, bertindak dan memasukkan".

Secara garis besar  sulukmerupakan kegiatan seseorang untuk menuju kedekatan diri kepada Allah,  sulukhampir sama dengan  tarekat, yakni cara mendekakan diri kepada Tuhan. Hanya saja, kalau  tarekat masih bersifat konseptual, sedangkan  suluk sudah dalam bentuk teknis oprasional. Oprasional dalam arti yang sesungguhnya: bukan hanya sekedar teori melainkan eksklusif dipraktikkan dalam tingah laris keseharian, kata  suluk  berasal dari terminologi dalam al-Qur’an  Faslukidalam surat an-Nahl (16) Ayat 69:

Artinya: “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang majemuk warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.”

Kata  fasluki disini yakni kata perintah dari Allah untuk selalu berjalan di jalan-Nya jalan yang lurus.

Suluk di dalam istilah tasawuf yakni jalan atau cara mendekatkan diri kepada Allah SWT atau cara memperoleh  ma'rifat. Dalam istilah selanjutnya istilah ini dipakai untuk sesuatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang semoga ia sanggup mencapai suatu ikhwal (keadaan mental) atau maqam tertentu.

Di dalam kunci memahami  tasawuf,  suluk  di artikan sebagai perjalanan spiritual menuju  Sang Sumber. Ini yakni metode perjalanan melalui aneka macam keadaan dan kedudukan. Seseorang yang menempuh jalan ini disebut  salik  Sang hamba yang telah jauh berjalan menuju Allah yakni yang telah sungguh-sungguh menawarkan penghambaanya kepada Allah.

Suluk

Khan Sahib Kahja Khan(pakar bidang  tasawufdari India) mangatakan bahwa  salikialah orang yang tengah menempuh perjalan rohani (suluk).

Cgril Glasse dalam Ensiklopedi Islam, yang dimaksud  suluk yakni keadaan jiwa atau tindakan kalangan shufiyang dipandang sebagai sebuah perjalanan kepada Allah.

Menurut Imam al-Gazali, sulukberarti menjernihkan akhlaq, amal pengetahuan.  Sulukdilakukan dengan cara aktif berkecimpung dengan amal  lahirdan amal  bathin. Semua kesibukan hamba dicurahkan kepada Tuhannya, dengan membersihkan  bathinnya untuk persiapan  wushul kepada-Nya.

Gufron A. Mas 'Adidalam Ensiklopedi Islam, mengatakan:  suluk merupakan keadaan jiwa atau tindakan kalangan  shufiyang dipandang sebagai sebuah  perjalanan kepada Tuhan. Istilah ini juga menawarkan pada sebuah  quasi magisdan sebuah ucapan  spiritualisyang bercorak lokal Indonesia dikenal sebagai upacara  suluk. Dalam upacara ini pelakunya berusaha mencapai kekuatan  psikisatau  magis  dengan mempertahankan diri dari serangan dunia spiritselama satu malam, yang mana seseorang dimatikan secara simbolik.

Adapun hakekat  suluk, ialah mengosongkan diri dari sifat-sifat madzmumah atau jelek (dari maksiat  lahir  dan dari maksiat  bathin) dan mengisinya dari sifat-sifat yang terpuji atau mahmudah (dengan taat lahir dan bathin). Phase-phase yang harus ditempuh ke arah mencapai hakikat suluk adalah:
1.  Marhalah  Amal Lahiryaitu melaksanakan amal ibadah yang bersifat lahir atau nyata.
2.  Marhalah  Amal Bathinatau  muroqobah(mendekatkan diri kepada Allah) dengan jalan membersihkan diri dari maksiat lahirdan batin.
3.  Marhalah Riyadlahatau melatih diri dan  mujahadahatau mendorong diri untuk selau berusaha lebih erat dengan Allah.Seperti dalam firman-Nya dalam surat Al-Ankabut ayat 69:
Artinya:"Dan mereka yang mujahadah atau bersungguh-sungguh mencari Allah, sungguh kami (Allah) akan menawarkan jalan tarekat kepada kami dan bergotong-royong Allah bersama orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Maksud  mujahadah ini yakni melaksanakan  jihad lahir untuk menambah kuatnya kekuasaan rohani atas jasmani gunamembebaskan jiwa kita dari belenggu nafsu duniawi, supaya jiwa itu menjadi suci higienis bagaikan beling yang segera sanggup menangkap apa-apa yang bersifat suci, sehingga  mustahiqmemperoleh aneka macam pengetahuan yang hakiki perihal Allah dan kebesarannya.

Related

pengertian 2481145077188149492

Technology

Hot in week

Recent

Comments

item